Penyaluran KUR Klaster Rp4,8 triliun, beber Menkop

id Kur klaster, kur, penyaluran kur klaster, teten masduki, menkop ukm, umkm, Kemenkop ukm, tambahan alokasi kur, kur 2023

Penyaluran KUR Klaster Rp4,8 triliun, beber Menkop

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat memberikan keterangan kepada wartawan. ANTARA/Ade Irma Junida.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Klaster per 26 Desember 2022 mencapai Rp4,8 triliun dan telah disalurkan kepada 1,39 juta debitur.

"Target kita Rp4,9 triliun dan sudah realisasi sekitar Rp4,8 triliun atau 96,7 persen penyerapannya," kata Teten pada acara "Refleksi 2022 dan Outlook 2023" di Jakarta, Senin.

Meski baru diluncurkan, Teten menyebut capaian tersebut sudah cukup baik dan ia berkomitmen untuk bisa meningkatkannya.

Terlebih penyaluran KUR Klaster memungkinkan setiap pelaku usaha mendapatkan pembiayaan hingga Rp500 juta per orang.

"Ini jadi punya potensi untuk mendorong UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya," katanya.

Lebih lanjut, Teten mengatakan dirinya dan Menko Perekonomian telah mendapatkan arahan langsung dari Presiden Jokowi agar penyaluran KUR Klaster pada 2023 bisa diperbesar.

Menurut dia, selain bisa mendorong kemitraan UMKM dengan usaha besar dan industri, porsi penyaluran KUR bagi UMKM masih sangat rendah.

Teten mengaku masih harus menghitung lebih rinci angka penyaluran KUR Klaster tahun depan. Namun, ia meyakini KUR Klaster akan lebih diterima perbankan karena ada jaminan pasar dan harga sehingga potensi kredit macetnya sangat rendah.

Deputi Bidang Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM Yulius mengatakan penambahan alokasi KUR menjadi Rp460 triliun pada 2023 salah satunya dilakukan untuk memberikan modal bagi pegawai yang terkena PHK dan beralih menjadi wirausahawan.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jelang akhir tahun, penyaluran KUR Klaster capai Rp4,8 triliun
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024