Mahasiswa desain sabun mandi organik

id udinus kediri ,sabun mandi organik dari pegagan

Mahasiswa desain sabun mandi organik

Mahasiswa di Kediri ini membaut karya sabun mandi organik dari bahan tanaman Pegagan. ANTARA/ HO-Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kediri,

Kediri (ANTARA) - Mahasiswa Prodi S-1 Manajemen PSDKU Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kediri, Jawa Timur, membuat sabun mandi organik dan berhasil meraih juara dalam Lomba Creanovative Entrepreneur 2022.

Sabun badan berbahan organik ini merupakan karya dari empat mahasiswa, yang diketuai oleh Zumrotus Sholikhah dan tiga anggota lainnya, yaitu, Rahman, Winda Ayu Nur Andini, dan Seroja Enjang Prasasti.

"Produk kami terdapat dua jenis yaitu cair dan padat dengan variasi aroma. Meski terbuat dari bahan organik, produk kami tetap bermanfaat untuk membersihkan tubuh, melembabkan kulit secara alami dan aman untuk kesehatan kulit," kata Zumrotus Sholikhah di Kediri, Kamis (5/1).

Ia menambahkan, produknya dibuat sebagai upaya mengurangi limbah sabun, yang pada umumnya yang dapat mencemari sumber air. Hal itu didukung berdasarkan data yang telah dikumpulkan, bahwa, sabun menjadi salah satu limbah rumah tangga yang paling banyak.

Untuk itu, ia dengan tim membuat sabun mandi dengan bahan organik. Sabun itu diolah dari tanaman Pegagan yang memiliki bahasa latin Centella Asiatica. Produk tersebut diberi nama Asana.

Dengan dikelola, dibudidayakan dan dimanfaatkan secara maksimal, tanaman Pegagan ternyata dapat dimanfaatkan untuk pembuatan sabun mandi. Produk ini juga menjadi variatif peluang usaha di bidang kecantikan.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024