Pengungsi Rohingya harus direlokasi cepat

id Aceh,pengungsi Rohingya,UNHCR,IOM,Kemanusiaan,relokasi,Kemenlu,Pemerintah Aceh,Kemenkopolhukam

Pengungsi Rohingya harus direlokasi cepat

Sejumlah anak-anak pengungsi etnis Rohingya yang terdampar di Aceh Besar saat berada di tempat penampungan sementara di UPTD Dinas Sosial Aceh Rumoh Seujahtera Beujroh Meukaya Ladong, Aceh Besar, Aceh, Minggu (8/1/2023) (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Aceh berharap para pengungsi Rohingya yang saat ini ditampung sementara di UPTD Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya Ladong Tuna Sosial Dinas Sosial Aceh dapat segera direlokasi.

"Idealnya para pengungsi tersebut dapat direlokasi pada tempat yang memang diperuntukkan untuk itu (pengungsian)," kata Kepala Dinas Sosial Aceh Yusrizal, di Banda Aceh, Senin.

Untuk diketahui, di UPTD Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya Ladong Tuna Sosial Dinas Sosial Aceh tersebut saat ini menampung sebanyak 241 imigran Rohingya. Mereka dimasukkan ke sana dari gelombang.

Pertama, sebanyak 57 orang yang terdampar ke Aceh Besar pada 25 Desember 2022, kemudian penambahan 184 jiwa yang baru mendarat Minggu (8/1)  sore di wilayah pantai Mesjid Raya Aceh Besar.

Terhadap pengungsi ini, kata Yusrizal, pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, mengingat kapasitas tempat dan dukungan fasilitas lainnya di UPTD tuna sosial tersebut tidak memadai menampung ratusan pengungsi tersebut.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dinsos Aceh harap relokasi pengungsi Rohingya bisa lebih cepat