IPB dan perguruan tinggi top100 dunia berkolaborasi

id IPB, Arif Satria, Rektor IPB, konsorsium, kerja sama internasional, pertanian, pangan, agromaritim, geomaterial

IPB dan perguruan tinggi top100 dunia berkolaborasi

Rektor IPB Arif Satria saat paparan pertanggungjawaban rektor periode 2017-2022 di depan Wali Amanat IPB, wakil rektor, dekan, guru besar dan dosen-dosen IPB serta wartawan di IICC Bogor, Senin (9/1/2023). ANTARA/Linna Susanti

Kota Bogor (ANTARA) - Institut Pertanian Bogor (IPB) University siap berkolaborasi dengan perguruan tinggi top 100 dunia melalui kerja sama konsorsium untuk mengembangkan penelitian-penelitian bidang agromaritim, pangan, energi, geomaterial dan juga bidang kesehatan dari sumber daya lokal Indonesia.

Rektor IPB University Arif Satria usai laporan pertanggungjawaban rektor periode 2017-2022 di Bogor, Senin, mengatakan lima tahun ke depan dalam kepemimpinannya akan membawa institut tersebut ke puncak kancah global.

"Pertama adalah kita untuk bidang pertanian rangking ke-41 dunia, rangking ke-6 di Asia dan rangking satu di Asia Tenggara, namun untuk kampus hijau kita ke-35 dunia. Jadi, ini semua adalah menunjukkan bahwa semua perguruan tinggi di Indonesia adalah perguruan tinggi yang berkemampuan untuk bisa bertarung pada level internasional, khususnya pada bidang pertanian," paparnya.

Arif yang terpilih kembali menjabat sebagai Rektor IPB University periode 2023-2028 menyatakan karena kemampuan pertanian Indonesia cukup tinggi maka bidang-bidang inilah akan terus digeluti oleh IPB dan memperkuat bidang agromaritim, pangan, energi, geomaterial serta bidang kesehatan.

Menurutnya, bidang kesehatan penting karena 90 persen obat-obatan di dalam negeri masih impor, padahal Indonesia kaya akan sumber daya alam hayati sehingga inilah tugas IPB untuk mengekspor produk-produk lokal anak bangsa.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IPB siap berkolaborasi perguruan tinggi top 100 dunia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024