PBB kecam pembakaran Alquran

id aliansi peradaban PBB,pembakaran al quran,Swedia

PBB kecam pembakaran Alquran

Bendera Swedia berkibar di atas Istana Kerajaan di Stockholm. (Wikimedia/GreatesMoom)

Istanbul (ANTARA) - Perwakilan tinggi Aliansi Peradaban Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Miguel Angel Moratinos mengutuk pembakaran salinan Al Quran oleh ekstremis sayap kanan Swedia di Stockholm dan menyebutnya sebagai tindakan keji.

“Meski Perwakilan Tinggi menekankan pentingnya menjunjung tinggi kebebasan berekspresi sebagai hak asasi manusia, dia juga menegaskan bahwa tindakan pembakaran Al Quran merupakan ekspresi kebencian terhadap umat Islam,” kata Nihal Saad, juru bicara Moratinos, dalam sebuah pernyataan pada Minggu (22/1).

“Itu tidak sopan dan menghina penganut Islam, dan tidak boleh digabungkan dengan kebebasan berekspresi,” kata Moratinos.

Pernyataan Moratinos itu muncul setelah Rasmus Paludan, pemimpin Partai Stram Kurs membakar Al Quran di luar Kedutaan Besar Turki di Stockholm pada Sabtu (21/1), yang memicu kemarahan dan kecaman luas dari negara-negara Arab dan dunia Islam.

Mengingat Resolusi Majelis Umum PBB A/Res/75/258 tertanggal 26 Januari 2021, perwakilan tinggi tersebut menegaskan kembali bahwa “pelaksanaan kebebasan berekspresi memiliki tugas dan tanggung jawab sesuai pasal 19 Kovenan Internasional tentang Sipil dan Hak Politik".

Menurut pernyataan tersebut, Moratinos mengungkapkan keprihatinan yang mendalam atas peningkatan kasus diskriminasi, intoleransi, dan kekerasan secara keseluruhan, terlepas dari siapa pelakunya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Aliansi Peradaban PBB kutuk pembakaran Al Quran di Swedia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023