Rugikan Swedia miliaran rupiah, aksi pembakaran Al Quran

id Pembakaran Quran,Swedia,SalwanMomika

Rugikan Swedia miliaran rupiah, aksi pembakaran Al Quran

Peta negara Swedia. ANTARA/google map/pri. (ANTARA/google map)

Stockholm (ANTARA) - Aksi penistaan Al Quran yang berulang dalam sembilan bulan terakhir telah merugikan Swedia hampir 200.000 dolar AS (sekitar Rp3 miliar), menurut media setempat pada Sabtu (2/9).

Tindakan provokatif pembakaran Quran oleh politisi Swedia-Denmark Rasmus Paludan dan seorang pengungsi Irak yang tinggal di Stockholm, Salwan Momika, telah menguras 2,2 juta krona Swedia (sekitar Rp3 miliar) uang negara, menurut penyiar Swedia Sveriges Radio.

Aksi keduanya menambah kerugian negara karena pengerahan lebih banyak polisi dan mengganggu tugas rutin sebagian besar dari mereka.

Provokasi pembakaran Quran di Swedia

Selain Denmark, Swedia juga menuai banyak kritikan lantaran membiarkan aksi penistaan Quran di bawah kawalan kepolisian.

Pentolan Partai (Garis Keras) Stram Kurs sayap kanan, Paludan, membakar salinan Quran di sejumlah kota Swedia yakni di Kota Malmo, Norrkoping, Jonkoping dan Stockholm, termasuk saat Paskah tahun lalu.

Pada 21 Juni dia membakar salinan Quran di depan Kedutaan Besar Turki di Swedia.

Sepekan kemudian Momika menjadi perbincangan hangat, ketika dirinya membakar salinan Quran di depan sebuah masjid di Stockholm saat Idul Adha.

Sumber: Anadolu


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Aksi pembakaran Quran rugikan Swedia hampir Rp3 miliar
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024