Fasilitator utama ISIS di Somalia tewas

id daesh,isis,somalia,amerika serikat,bilal al sudani,joe biden,militer,presiden,pentagon

Fasilitator utama ISIS di Somalia tewas

Arsip - Seorang prajurit Tentara Nasional Somalia (SNA) di Kamp Pelatihan Jazeera di Mogadishu. (Wikimedia Commons/AMISOM/Raymond Baguma)

Washington (ANTARA) - Serangan militer Amerika Serikat di wilayah selatan Somalia menewaskan fasilitator utama Daesh/ISIS, Bilal Al Sudani, dan 10 anggota teroris lainnya, menurut dua pejabat pada Kamis.

Pasukan AS telah berusaha menangkap Al Sudani lewat operasi militer itu, yang disebut-sebut terjadi di "kompleks gua pegunungan", tetapi dia terbunuh dalam pertempuran berikutnya pada Rabu malam, kata seorang pejabat.

Al Sudani sebelumnya dikenai sanksi AS pada 2012, ketika dia berafiliasi dengan kelompok teroris Al Shabaab Somalia.

Para pejabat mengatakan dia mendukung aksi terorisme Daesh/ISIS di Afrika dan sekitarnya, terutama dalam penggalangan dana, ketika dia menjadi target.

Rencana penyerangan itu dilakukan selama beberapa bulan dan melibatkan sejumlah lembaga pemerintah AS, kata pejabat itu.

Pentagon memberi arahan kepada Presiden AS Joe Biden pada operasi pekan lalu, dan panglima militer mereka menyetujuinya awal pekan ini.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Serangan militer AS tewaskan fasilitator utama Daesh/ISIS di Somalia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024