Bupati Sleman: Bregada Rakyat Sembada pelestari kebudayaan

id Pelestari kebudayaan ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Bupati Sleman: Bregada Rakyat Sembada pelestari kebudayaan

Dokumentasi. Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan Piagam Penghargaan Anugerah Kebudayaan kepada budayawan dan seniman pelestari seni budaya, di Pendopo Parasamya Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Sabtu (26/11/22). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo mengajak Paguyuban Bregada Rakyat Sembada dapat aktif dalam upaya pelestarian budaya yang ada di Sleman.

"Bregada ini adalah bagian dari keistimewaan Yogyakarta. Saya harapkan Bregada tidak hanya aktif di event-event, tapi juga aktif dalam melestarikan kebudayaan jawa secara umum," kata Kustini saat mengukuhkan pengurus Paguyuban Bregada Rakyat Sembada Kabupaten Sleman, di Berbah, Minggu.

Kustini berharap para bregada juga dapat menjadi teladan yang baik di masyarakat, khususnya dalam hal kebudayaan. Di samping itu, Bregada juga diharapkan dapat bersinergi dengan pihak terkait di wilayahnya masing-masing dalam rangka menjaga keamanan dan ketenteraman masyarakat.

"Melestarikan budaya tidak mudah. Karena harus bisa menjadi tauladan, baik dalam perkataan ataupun perbuatan," katanya.

Ketua Paguyuban Bregada Rakyat Sembada Yulianto mengatakan, ada sebanyak 35 orang dari 17 kapanewon (kecamatan) yang dikukuhkan pada kesempatan tersebut.

Menurut dia, saat ini kurang lebih ada 200 paguyuban bregada yang telah terdaftar di Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman.

"Sebenarnya lebih banyak dari itu, tapi masih banyak yang belum mempunyai Nomor Induk Kebudayaan (NIK). Yang belum mengurus NIK kami siap membantu," katanya.

Ia mengatakan, paguyuban ini berdiri sejak 1 Februari 2022 lalu. Bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman.

"Paguyuban Bregada Rakyat Sembada sering mengadakan pelatihan bagi anggotanya. Selain itu, paguyubannya juga selalu turut andil dalam memeriahkan acara HUT Kabupaten Sleman," katanya.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024