Bupati Sleman mendorong percepatan layanan tertib adminduk

id Layanan adminduk Sleman ,Peluk Mas Lurah ,Kapanewon Berbah ,Inovasi layanan Adminduk ,Bupati Sleman ,Kabupaten Sleman

Bupati Sleman mendorong percepatan layanan tertib adminduk

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meluncurkan inovasi pelayanan administrasi kependudukan "Peluk Mas Lurah" dengan memukul gong di Pendopo Kantor Kapanewon Berbah, Senin (27/2/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo mendorong percepatan pelayanan tertib administrasi kependudukan (adminduk) yang dekat dengan masyarakat sehingga mudah dijangkau.

"Tertib administrasi kependudukan penting dalam penentuan kebijakan serta dilakukan dengan cara mendekatkan layanan kependudukan bagi masyarakat melalui inovasi," kata Kustini saat meluncurkan inovasi "Peluk Mas Lurah" di Pendopo Kantor Kecamatan Berbah, Senin.

"Peluk Mas Lurah" singkatan dari 'Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Masyarakat' oleh Kecamatan Berbah di kelurahan merupakan inovasi layanan administrasi kependudukan dari Kecamatan (Kapanewon) Berbah," katanya.

Baca juga: Bupati Sleman meluncurkan inovasi "Cakar" untuk adminduk pelajar

Peluncuran dilakukan Bupati Sleman secara simbolis dengan memukul gong sebagai tanda peluncuran inovasi "Peluk Mas Lurah Kapanewon Berbah".

Dengan inovasi ini, papar dia, dapat mempercepat layanan tertib administrasi kependudukan dalam mendukung Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

Kustini berharap inovasi ini efektif dan memudahkan masyarakat dalam memproses dokumen kependudukan.

"Selain itu, Kapanewon Berbah diharapkan menjadi pionir yang nantinya dapat diaplikasikan di kapanewon lain," katanya.

Camat Berbah Rohmiyanto mengatakan bahwa inovasi ini merupakan upaya menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA), terutama pada poin kesadaran memberikan pelayanan adminduk yang memudahkan masyarakat.

"Harapannya dapat mempercepat dan mendekatkan kepada masyarakat. Implementasinya nanti pelayanan 'Peluk Mas Lurah' akan dilakukan di kegiatan-kegiatan kelurahan dan wilayah kelurahan, baik jam kerja maupun tidak," katanya.

Pelayanan inovasi "Peluk Mas Lurah" meliputi perubahan kartu keluarga (KK), pembaruan KTP,  kartu identitas anak (KIA)  dan pelayanan adminduk lainnya.

"Inovasi ini telah diuji coba pada Januari 2023 dengan pengaktifan KID dan setelah diluncurkan secara resmi hari ini (Senin) nantinya akan aktif dilakukan di wilayah Kecamatan Berbah," katanya.

Baca juga: Sleman mengoptimalkan pelayanan publik melalui Sisir Adminduk
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024