Bupati : Pameran JIFFINA akan bawa produk UMKM Bantul ke pasar ekspor

id Pameran JIFFINA ,Produk UMKM ,Dongkrak produk UMKM ke Internasional

Bupati : Pameran JIFFINA akan bawa produk UMKM Bantul ke pasar ekspor

Salah satu stan UMKM pada pameran internasional JIFFINA 2023 di Jogja Expo Center, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 11-14 Maret 2023. ANTARA/HO-Humas Pemkab Bantul.

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih menilai pameran Jogja International Furniture and Craft Fair Indonesia (JIFFINA) yang digelar di Jogja Expo Center pada 11-14 Maret 2023 akan mendongkrak produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ke pasar internasional.

"Perhelatan JIFFINA punya andil besar dalam melesatkan produk UMKM di kancah internasional. Apalagi, Kabupaten Bantul dalam proses bergabung menjadi bagian dari Jejaring Kota Kreatif Dunia versi UNESCO atau UCCN (UNESCO Creative City Network)," kata Bupati Abdul Halim Muslih melalui keterangan tertulis di Bantul, Minggu.

Pameran JIFFINA 2023 yang dibuka pada Sabtu (11/3) oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan dihadiri Bupati ditargetkan dapat mendatangkan para buyer baik domestik maupun luar negeri tersebut diikuti para pelaku UMKM di seluruh DIY, di antaranya Kabupaten Bantul.

"Keikutsertaan Bantul dalam JIFFINA setiap tahunnya menandakan bahwa kualitas produk dan sumber daya kita ini sudah bagus dan semakin siap bersaing secara global. Dan sekarang Bantul ini juga sedang dalam tahap penilaian menuju UCCN," katanya.

Bupati mengatakan JIFFINA juga menjadi bukti kekuatan sumber daya bidang kriya di Kabupaten Bantul amat beragam. Hal ini terlihat dari dominasi peserta pameran yang kebanyakan berasal dari Bantul.

"Kendati demikian, tentu hal tersebut harus senantiasa ditingkatkan. Harus ada inovasi-inovasi baru dan kualitas standar yang tidak abal-abal agar dapat merespon pasar global," katanya.

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, yang membuka langsung pameran skala internasional tersebut percaya JIFFINA dapat mengembangkan UMKM bidang kriya secara global.

Apalagi, menurut Gubernur DIY, UMKM pada bidang kriya sekarang ini sudah mulai merangkak pascapandemi COVID-19, dan menjadi tonggak kebangkitan kerajinan tangan dan mebel.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024