Dakwah bisa lewat tontonan, kata aktor Deddy Mizwar

id tadarus Ramadhan, Deddy Mizwar, dakwah, tontonan,UMM

Dakwah bisa lewat tontonan, kata aktor Deddy Mizwar

Aktor Deddy Mizwar saat menjadi pemateri dalam Tadarus Ramadhan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (14/4) (ANTARA/Endang Sukarelawati)

Malang (ANTARA) - Aktor Deddy Mizwar mengemukakan bahwa berdakwah bisa dilakukan dengan berbagai media seni dan budaya, termasuk lewat tontonan.

"Berdakwah melalui seni dan budaya di masa kini jauh lebih mudah ketimbang beberapa puluh tahun lalu, karena di era digital saat ini banyak media yang bisa digunakan, misalnya Youtube dan Tik Tok," kata Deddy Mizwar dalam Tadarus Ramadhan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Dome kampus setempat di Malang, Jawa Timur, Jumat.

Deddy mengatakan saat ini membuat film ataupun konten berisi kebaikan bisa menggunakan telepon genggam saja. Kemudian, ditayangkan di berbagai alternatif media yang bisa dilihat banyak orang. Berbeda dengan zaman dulu yang hanya punya dua alternatif, yakni televisi (TV) atau layar lebar dengan biaya relatif mahal.

“Oleh karena itu, sekarang jauh lebih mudah ketimbang dulu. Jadi, dakwah lewat seni dan budaya saya kira harus banyak dan harus lebih kreatif. Adapun tantangan yang harus dihadapi di masa kini adalah konten apa yang akan dibuat dan seberapa menarik konten itu,” katanya.

Pada kesempatan itu, Deddy yang juga Dewan Pakar LSB PP Muhammadiyah itu sempat menceritakan awal mula upayanya membuat konten dengan muatan religius Islami. Ia merasa, dulu beragam tontonan elektronik tidak mencerminkan bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia. Meskipun lebih dari 85 persen warga negara Indonesia adalah Muslim, tayangan yang tersedia tidak mencerminkan fakta itu.

Ia memulai gerakan membuat tontonan dengan unsur Islami di dalamnya. Berawal dari mendapat kesempatan mengisi ruang di salah satu TV swasta, yakni membuat serial berjudul Abu Nawas. Namun, upaya itu tidak mudah. Ia harus bisa meyakinkan bahwa konten Islami akan banyak disukai masyarakat.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Deddy Mizwar: Dakwah bisa lewat tontonan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024