Tampil di Jepang, Ketoprak "Sekar Pembayun"

id Ketoprak,seni budaya,budaya Indonesia,budaya Jawa,Panembahan Senopati,Yogyakarta,Jepang

Tampil di Jepang, Ketoprak "Sekar Pembayun"

Pertunjukan ketoprak "Sekar Pembayun" di Theater X, Tokyo, Jepang, Selasa (30/5). (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Tokyo (ANTARA) - Drama ketoprak berjudul “Sekar Pembayun” yang disutradarai Bambang Paningron dipentaskan untuk pertama kalinya di Tokyo, Jepang, pada Selasa (30/5).

Pergelaran seni tradisional Jawa itu ditampilkan selama dua hari pada 30-31 Mei 2023 di Theater X, Tokyo, mulai pukul 19.30 waktu setempat.

“Sekar Pembayun” menceritakan kisah Panembahan Senopati sebagai Raja Mataram yang termasyhur pada abad ke-16.

Menurut Bambang, kisah itu diangkat karena merupakan cerita sangat terkenal di Yogyakarta dan menggambarkan entitas budaya di sana. Bahkan tokoh-tokoh dalam lakon itu dimakamkan di daerah istimewa itu.

“Ini cerita yang paling kuat karena membawa semangat Yogyakarta. Tidak ada cerita yang lebih penting dari cerita ini di Yogyakarta,” katanya.

Menurut dia, cerita itu sungguh tragis karena seseorang rela mempertaruhkan apa pun, termasuk anak kandungnya, demi kekuasaan.

Dia mengaku tidak ingin hanya menampilkan intrik dan politik kekuasaan, tetapi juga memberikan pesan bahwa sejarah masa lalu memiliki pengaruh besar pada suatu bangsa.

Kebencian dan dendam tidak semestinya muncul pada generasi-generasi masa depan, kata Bambang.

Untuk itu, kata dia, pertunjukan dikemas dalam 45 menit dan tidak hanya menampilkan beragam adegan, tetapi juga diiringi tembang dan tarian.

Selain memberikan hiburan yang tidak terlalu berat, pertunjukan itu juga diharapkan agar penonton Jepang bisa memahami alur cerita yang dituturkan dalam Bahasa Jawa.

Dia mengatakan “Sekar Pembayun” baru dipentaskan di Jepang dan belum ditampilkan di Indonesia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ketoprak "Sekar Pembayun" pentas perdana di Jepang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024