Jelang Waisak, umat Buddha ritual Fang Sheng

id jelang waisak, ritual fang sheng, makassar, sulsel, pelepasan burung, pelepasan ikan, waisak 2567 BE, tahun 2023

Jelang Waisak, umat Buddha ritual Fang Sheng

Biksu Vihara Arama Budha (kanan) bersiap melepaskan burung dalam sangkar saat ritual Fang Sheng di depan Vihara setempat, Jalan Danau Tanjung Bunga, Makassar Sulawesi Selatan, Rabu (2/6/2023). ANTARA/Darwin Fatir.

Makassar (ANTARA) - Sejumlah umat Budha di Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar ritual Fang Sheng Ink atau pelepasan ratusan ekor burung serta melepaskan ikan ke danau menjelang perayaan Waisak 2567 BE/ 2023 karena diyakini dapat membawa kedamaian dan rezeki yang berlimpah. 

"Ritual ini memberikan makna tersendiri bagi umat Budha tentang kebaikan yang hanya tidak untuk sesama manusia tapi juga semua makhluk hidup lainnya," ujar Kepala Vihara Arama Budha, Bhante Bhadra Centana di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Sebelum melaksanakan ritual ini, umat Budha terlebih dulu melaksanakan puji bakti Sako di Vihara setempat untuk memanjatkan doa sambil membaca kitab suci.

Usia menjalankan puji bakti sako, dilanjutkan dengan ritual Fang Shen atau pelepasan mahkluk hidup yang terkurung ke habitatnya. Seperti melepaskan ratusan burung dalam sangkar, dan melepaskan ikan lele ke dalam danau Tanjung Bunga sebagai bentuk kebajikan antarsesama makhluk hidup.

 
Biksu Vihara Arama Budha (kanan) melepaskan ikan ke dalam danau saat ritual Fang Sheng di depan Vihara setempat, Jalan Danau Tanjung Bunga, Makassar Sulawesi Selatan, Rabu (2/6/2023). ANTARA/Darwin Fatir.



"Ritual Fang Shen ini dilaksanakan serupa tahun menjelang Waisak agar umat Budha bisa berbuat kebajikan ke sesama makhluk hidup. Kegiatan ini tidak hanya orang dewasa tapi juga remaja dan anak-anak agar memastikan mereka belajar berbuat baik ke sesama makhluk hidup," tuturnya.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024