Jepang ke Indonesia untuk bangun SDM

id Rachmat Gobel,Jepang,SDM Indonesia

Jepang ke Indonesia untuk bangun SDM

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel saat menerima delegasi parlemen Jepang di Rumah Dinas Wakil Ketua DPR RI di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/6/2023). ANTARA/HO-DPR

Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mengatakan kedatangan Jepang ke Indonesia bukan hanya untuk berinvestasi, melainkan juga untuk membangun sumber daya manusia (SDM) Indonesia.
 
“Jadi, bukan hanya soal uang, melainkan juga mempunyai dimensi pembangunan sumber daya manusia dan pengembangan lingkungan hidup,” kata Gobel, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.
 
Hal itu, kata dia, diketahui berdasarkan pembahasan dalam pertemuannya dengan tiga delegasi parlemen Jepang, yakni Wada Yushiaki, Ozaki Masanao, dan Matsumoto Hisashi, di Rumah Dinas Wakil Ketua DPR RI di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/6).
 
Lebih lanjut, Gobel menyampaikan Jepang hadir di Indonesia bukan hanya untuk membuat produk lalu menjualnya, melainkan juga yang utama adalah membangun sumber daya manusianya terlebih dulu.
 
“Sebelum membuat produk, yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan sumber daya manusianya. Dalam budaya Jepang tidak ada konsep mempekerjakan manusia, tapi memanusiakan manusia. Contohnya, investasi otomotif Jepang di Indonesia yang sangat mengakar. Ini karena dimulai dengan penyiapan sumber daya manusia," kata dia.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gobel sebut kedatangan Jepang ke Indonesia juga untuk bangun SDM 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024