DIY-Kota Madiun "Merajut Budaya Matramanan"

id muhibah budaya mataraman,mataraman,budaya mataraman,kota madiun,madiun,jatim,yogyakarta,jogja,Pameran Permusiuman Mahaba

DIY-Kota Madiun "Merajut Budaya Matramanan"

Wali Kota Madiun Maidi membuka dan menghadiri Pameran Permusiuman Mahabandhana dengan tema Merajut Budaya Mataraman di Rumah Dinas Wali Kota Madiun, Kamis (20/7/2023). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kerja Pemkot Madiun dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tentang muhibah budaya Mataraman. ANTARA/Louis Rika

Madiun (ANTARA) - Pemerintah Kota Madiun dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar kerja sama di bidang pariwisata dan kebudayaan dengan menggelar muhibah budaya "Mataraman".

Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Cagar Budaya dan Warisan Budaya Dinas Kebudayaan DIY Rully Andriadi mengatakan muhibah budaya Mataraman DIY di Kota Madiun tersebut dilatarbelakangi oleh keterkaitan historis Madiun dengan Yogyakarta, mulai dari masa Mataram, kasultanan, kemerdekaan, hingga hari ini.

"Kerja sama juga merupakan bagian dari proses hibah kebudayaan Pemda DIY dengan tema besarnya adalah 'Merajut Budaya Mataraman'," ujar Rully dalam pembukaan pameran Museum Sejarah Yogyakarta di rumah Dinas Wali Kota Madiun, Kamis sore.

Ia menjelaskan, melalui tema tersebut Pemda DIY ingin mengenalkan lebih dalam tentang budaya Mataraman terhadap daerah-daerah yang memang memiliki sejarah panjang dengan Yogyakarta. Dan ternyata Madiun juga berperan cukup penting untuk Yogyakarta.

"Kami berharap kegiatan ini juga bisa semakin memperkuat persaudaraan dan kedepannya bisa mengawali proses-proses kerja sama berikutnya," katanya.

Wali Kota Madiun Maidi menyambut baik kegiatan muhibah budaya Mataraman yang digelar di Kota Madiun. Selain memperkuat persaudaraan, kerja sama tersebut juga dalam rangka mengedukasi generasi muda tentang sejarah budaya Mataraman dan hubungannya dengan Madiun.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024