Lestarikan situs budaya via "Haul Keramat Batok"

id Momentum pelestarian budaya,Pelestarian situs budaya,Cagar Budaya Keramat Batok,Peninggalan Kerajaan Sumedang Larang,Kab

Lestarikan situs budaya via "Haul Keramat Batok"

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan (ketiga dari kanan) berfoto bersama sebelum menandatangani prasasti wisata religi Cagar Budaya Keramat Batok di Desa Jayabakti, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan kegiatan peringatan hari ulang tahun atau Haul Akbar Keramat Batok ke-387 menjadi momentum melestarikan situs budaya bersejarah sekaligus pemersatu beragam kearifan lokal daerah.

"Keramat Batok sebagai situs bersejarah dan dihormati di seluruh Nusantara ini menjadi buah kesolehan dari Kyai Uyut Gabid dan Raden Mas Leong Templu," kata Dani saat menghadiri haul di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu.

Dia mengungkapkan, situs bersejarah ini begitu dihormati dan mampu menjadi contoh bagi seluruh umat manusia untuk tetap berbuat baik kepada sesama. "Karena meskipun sudah meninggal lama tetapi peninggalan beliau akan selalu dikenang dan dihormati," katanya.

Menurut dia cagar budaya yang sudah memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan peziarah adalah bukti penghormatan luar biasa sekaligus mampu menyatukan beragam budaya daerah.

"Selain atraksi kirab budaya yang ditampilkan bisa mengundang wisatawan berkunjung, di sini juga ada cagar budaya yang menjadi nilai tambah tempat ini. Semoga bisa terpelihara dengan baik," katanya.

Haul Akbar Keramat Batok ke-387 diisi dengan rangkaian kegiatan di antaranya pagelaran kirab budaya dan pertunjukan kesenian, pesta rakyat, penanaman pohon, penandatanganan prasasti cagar budaya, hingga santunan anak yatim.

Cagar Budaya Keramat Batok merupakan situs bersejarah tapak peninggalan Kerajaan Sumedang Larang. Di kompleks ini terdapat makam seorang pemuka Agama Islam yakni Kyai Uyut Gabid.

Pada kompleks cagar budaya yang berlokasi di Desa Jayabakti, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat itu juga terdapat makam seorang kepala pemerintahan di bawah Kerajaan Sumedang Larang yakni Raden Mas Leong Templu.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024