Bakal jadi adikarya, Taman Mini Indonesia di Polandia

id polandia,kbri warsawa,taman mini indonesia,konsul kehormatan,dolina charlotty

Bakal jadi adikarya, Taman Mini Indonesia di Polandia

Arsip - Acara peresmian Candi Bentar sebagai awal dimulainya pembangunan Taman Mini Indonesia di Dolina Charlotty, Slupsk, Polandia, pada Sabtu (5/8/2023). (ANTARA/HO-KBRI Warsawa)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Polandia Anita Luhulima mengatakan bahwa Taman Mini Indonesia yang sedang dibangun di negara itu akan menjadi adikarya dan warisan keberadaan Indonesia.

Dia mengatakan pada Sabtu (5/8) bahwa Kedutaan Besar RI di Warsawa mendukung pembangunan taman itu di resor milik Konsul Kehormatan (Konhor) RI Miroslaw Wawrowski di Dolina Charlotty, Slupsk, Polandia.

Dia juga memuji kerja keras Wawrowski guna terwujudnya taman tersebut.

"Taman Mini Indonesia di Dolina Charlotty nantinya akan menjadi masterpiece (adikarya) dan legacy (warisan) dari presence (keberadaan) Indonesia, tidak hanya menjadi yang pertama di Polandia tetapi juga di kawasan Eropa Tengah dan Eropa Timur," kata Luhulima dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Dia berharap agar pembangunan taman itu dapat selesai dalam satu tahun sehingga kelak dapat berkontribusi positif sebagai etalase Indonesia guna meningkatkan kerja sama ekonomi dan sosial budaya kedua negara.

Sementara itu, Wawrowski yang mengaku sangat mencintai Indonesia, menyampaikan niat tulusnya untuk mempromosikan Indonesia di resor yang dimilikinya sejak dilantik sebagai Konhor pada 2022 lalu.

Sejak mendirikan Bali Spa di resornya 12 tahun lalu, dia telah memiliki ambisi yang besar untuk membangun Taman Mini Indonesia, yang akan dimulai dengan pembangunan anjungan Bali, NTB dan NTT sebagai lambang akulturasi budaya dan Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk menyusun desain dan rencana induk taman tersebut, Wawrowski mengunjungi ketiga provinsi itu untuk mempelajari usaha lokal hingga objek wisata setempat bekerja sama dengan KBRI Warsawa.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dubes RI: Taman Mini Indonesia di Polandia akan jadi adikarya
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024