Junta halangi PBB datangi Niger

id niger,ecowas,pbb,uni afrika,kudeta

Junta halangi PBB datangi Niger

Bendera Niger (wikipedia)

Kigali, Rwanda (ANTARA) - Junta militer Niger telah menghalangi pejabat Uni Afrika, organisasi Afrika Barat dan Perserikatan Bangsa-bangsa, untuk mengunjungi negara itu, kata surat yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Niger.

Langkah itu menggagalkan upaya diplomatik terbaru dalam  mengembalikan presiden terguling di negara tersebut.

Para diplomat Uni Afrika, PBB dan Masyarakat Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) dijadwalkan tiba di ibukota Niamey pada Rabu.

"Konteks kemarahan dan pembangkangan penduduk terhadap sanksi yang dijatuhkan oleh ECOWAS saat ini,  membuat mustahil bisa menyambut delegasi ini dalam suasana tenang dan nyaman,” bunyi surat Kemlu Niger kepada perwakilan ECOWAS di Niamey.



Setelah kudeta  26 Juli, ECOWAS meminta junta mengembalikan posisi Presiden Mohamed Bazoum dalam waktu satu pekan atau menghadapi kemungkinan intervensi militer untuk memulihkan  tatanan konstitusional.

Namun pada Minggu, junta menjawab  ancaman itu  dengan menutup wilayah udaranya, ketika saat bersamaan batas waktu ultimatum sudah habis.

Para pemimpin ECOWAS akan bertemu kembali Kamis esok di Nigeria untuk mempertimbangkan dan membahas krisis politik serta perkembangan terakhir di Niger.

Sanksi baru diumumkan

Sementara itu, Ketua ECOWAS yang juga Presiden Nigeria Bola Ahmed Tinubu kembali menjatuhkan sanksi kepada junta Niger pada Selasa, beberapa jam setelah junta  menghalangi upaya diplomatik baru-baru ini.

Sumber: Anadolu


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Junta halangi Uni Afrika, ECOWAS dan PBB kunjungi Niger
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024