Junta Niger membatalkan kerja sama militer dengan AS

id niger amerika serikat,kerja sama pertahanan niger-as,afrika,as

Junta Niger membatalkan kerja sama militer dengan AS

Ilustrasi: Tentara Amerika US Army melaksanakan latihan drill evakuasi medis menggunakan Helikopter Sikorsky UH-60 Black Hawk di Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur. Jumat (8/9/2023). ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/nz (ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA)

Rwanda (ANTARA) - Juru Bicara Pemerintah Niger Amadou Abdramane melalui pernyataan di televisi nasional mengumumkan bahwa negara tersebut membatalkan perjanjian kerja sama pertahanan dengan Amerika Serikat yang sudah terbentuk sejak 2012 lalu.

“Pemerintah Niger dengan mempertimbangkan aspirasi dan kepentingan rakyatnya, secara bertanggung jawab memutuskan untuk segera mengecam perjanjian yang mengizinkan personel militer AS dan pegawai sipil dari Departemen Pertahanan Amerika berada di wilayah Niger,” kata juru bicara Amadou Abdramane melalui pernyataan di televisi nasional yang dilaporkan Anadolu, Minggu.

Pernyataan tersebut disampaikan Abdramane menyusul kunjungan delegasi pejabat senior militer Amerika Serikat yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Urusan Afrika Molly Phee ke ibu kota Niger, Niamey pada awal pekan ini.

Abdramane menuduh para pejabat Amerika Serikat tersebut tidak mengikuti protokol diplomatik dan tidak memberi tahu Niger tentang komposisi delegasi. Ia juga menuturkan bahwa Niger menyesali niat delegasi Amerika untuk menolak hak kedaulatan rakyat negara tersebut dalam memilih mitra dan kemitraan yang mampu benar-benar membantu melawan terorisme.

 

Sumber : Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Junta Niger batalkan kerjasama militer dengan Amerika Serikat
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024