Bupati Sleman meresmikan bangunan bedah unit pengolahan ikan Citra Rasa

id Unit Pengolahan Ikan ,Bupati Sleman ,Dinas Pertanian Sleman ,Kabupaten Sleman ,Pengolahan ikan ,Sleman

Bupati Sleman meresmikan bangunan bedah unit pengolahan ikan Citra Rasa

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meresmikan bangunan Bedah Unit Pengolahan Ikan (UPI) di kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar) hasil perikanan Citra Rasa, Margoluwih, Seyegan, Selasa (29/8/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo meresmikan bangunan Bedah Unit Pengolahan Ikan (UPI) di kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar) hasil perikanan Citra Rasa, Margoluwih, Seyegan.

Kustini Sri Purnomo mengatakan, UPI di Kabupaten Sleman diharapkan terus berproses untuk menghasilkan produk olahan yang memenuhi keamanan pangan dengan mengikuti ketentuan perizinan, baik itu Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Halal, Sertifikasi Makanan Dalam (MD) dan perijinan lainnya.

"Semoga dengan bantuan Bedah UPI ini diharapkan alur proses produksi olahan ikan di Sleman dapat memenuhi standar 'Good Manufacturing Practices' (GMP) dan 'Standard Sanitation Operation Procedure' (SSOP)," katanya di Sleman, Selasa.

Bupati Kustini meresmikan Bedah UPI didampingi Direktur Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Widya Rusyanto dan Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Sleman, Suparmono.

Ia mengatakan, dengan memenuhi standar tersebut diharapkan akan meningkatkan mutu produk olahan yang dihasilkan Poklahsar.

"Selain itu juga mempunyai sertifikat kelayakan pengolahan (SKP) maupun MD agar memiliki nilai jual yang tinggi," katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Sleman juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus berkreasi dalam mengelola produk ikan.

"Dengan begitu produk olahan ikan dapat semakin dinikmati seluruh kalangan dan memiliki nilai jual yang semakin tinggi," katanya.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan, Kabupaten Sleman pada tahun 2023 menerima fasilitas Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kelautan Perikanan berupa Bedah UPI sebanyak lima unit senilai Rp1,5 miliar untuk lima Poklahsar.

"Lima Poklahsar tersebut meliputi UPI Citra Rasa, UPI Mina Kepis, UPI Mina Taruna, UPI Sarimina, dan UPI Mino Ngudi Lestari," katanya.

Ia mengatakan, Bedah UPI ini berupa rehabilitasi bangunan UPI dan bantuan peralatan pengolahan. Pelaksanaan bedah UPI 2023 sudah selesai pada 25 Juli.

"Dengan bantuan ini, diharapkan alur proses produksi bisa memenuhi standar prosedur operasi sanitasi. Sehingga, dapat meningkatkan mutu produk yang dihasilkan poklahsar," katanya.

Ia mengatakan, Bidang Perikanan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman pada 2022 memiliki binaan sebanyak 50 Unit Pengolahan Ikan (UPI), yang terdiri dari UMKM olahan ikan dan poklahsar dengan produksi 125.230,39 kilogram produk olahan berupa nugget, bakso, keripik ikan, siomay, pempek, pepes dan berbagai olahan ikan lainnya.

"Nilai olahan ikan tersebut mencapai Rp18,78 miliar," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024