Sleman canangkan kawasan pertanian sehat telur ayam ras

id Kawasaan pertanian sehat ,Dinas Pertanian Sleman ,Peternakan ayam petelur ,Telur Ayam Ras ,Bupati Sleman ,Kabupaten Slem

Sleman canangkan kawasan pertanian sehat telur ayam ras

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meninjau kawasan Pertanian Sehat Komoditas Telur Ayam Ras di Sinar Permata, Kedung Sriti, Umbulharjo, Cangkringan, Rabu (27/9/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu melakukan pencanangan Kawasan Pertanian Sehat Komoditas Telur Ayam Ras.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat acara pencanangan tersebut mengatakan pertanian yang sehat adalah pertanian yang dalam setiap aspeknya menanamkan karakter "sehat" mulai dari input, proses, ouput, maupun petani sebagai pelakunya.

Menurut Kustini, upaya peningkatan kualitas produk pertanian dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak di Sleman.

"Pertanian sehat dalam proses produksinya menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, sehingga kelestarian lingkungan di sekitarnya akan terjaga dengan baik dan hasilnya juga sehat untuk dikonsumsi," katanya.

Ia mengatakan, dengan peningkatan kualitas produk pertanian sehat diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi hasil pertanian dan peternakan sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak.

"Komoditas telur, jumlah produksi di Sleman mencapai 14.527,5 ton. Dengan potensi yang besar ini maka komoditas telur ayam di Sleman layak dikembangkan menjadi pertanian sehat khususnya untuk komoditas telur ayam ras," katanya.

Ia berharap agar pencanangan ini benar-benar dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas telur ayam ras sehingga dapat menghasilkan produk sehat yang dapat meningkatkan pendapatan petani secara berkelanjutan.

"Dimulai dari komoditas telur ini, diharapkan juga dapat mencukupi kebutuhan protein hewani masyarakat sehingga sangat mendukung upaya kita dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Sleman," katanya.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan di wilayahnya memiliki potensi pertanian pada komoditas ayam ras yaitu populasi ayam ras petelur sebanyak 1.850.433 ekor dengan jumlah produksi 14.527,5 ton dari 184 pengusaha.

Menurut dia, diperlukan pencanangan Kawasan Pertanian Sehat untuk memberikan komoditi pangan hewani yang sehat, lingkungan yang lestari dan produk yang aman dikonsumsi.

"Ke depan Sleman harus bisa menyediakan makanan sehat bagi warganya. Produk pertanian harus sehat, dibudidayakan secara sehat dan menggunakan bahan yang tidak berbahaya bagi kesehatan," katanya

Suparmono mengatakan, dalam mewujudkan pertanian yang sehat khususnya untuk komoditas telur ayam ras maka dibutuhkan peternakan-peternakan ayam petelur yang sehat yaitu dengan menerapkan biosecurity 3 zona.

"Biosecurity 3 zona adalah zona merah, zona kuning dan zona hijau dalam upaya mencegah masuknya bibit penyakit ke dalam suatu areal peternakan, agar ayam yang dipelihara di dalamnya bebas dari ancaman infeksi penyakit yang belum pernah ada dalam lokasi peternakan tersebut," katanya.

Dekan Fakultas Peternakan UGM Budi Guntoro yang hadir pada acara tersebut menyampaikan dukungan terhadap program ini. Ia berharap dengan produk pangan sehat dapat berimbas kepada naiknya taraf kesehatan masyarakat sekaligus mencegah stunting di Sleman.

"Dengan masyarakat mengkonsumsi produk telur ayam ras yang berasal peternakan yang menerapkan Kawasan Sehat maka bukan tidak mungkin mampu mencegah dan menurunkan prevalensi stunting khususnya di Sleman," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024