Linimasa#6 pilih enam kelompok seni pertunjukan pentas di TBY

id linimasa,tby,seni pertunjukan

Linimasa#6 pilih enam kelompok seni pertunjukan pentas di TBY

Kepala Taman Budaya Yogyakarta (TBY) Purwiati serta kurator Linimasa #6 Elyandra Widharta dan Koes Yuliadi (ANTARA/HO-TBY)

Yogyakarta (ANTARA) - Linimasa #6 tahun 2023 memilih enam kelompok seni pertunjukan di Yogyakarta untuk pentas di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pada 18-20 Oktober 2023 mulai pukul 19.00 WIB.

"Setiap malam akan tampil dua kelompok dalam pementasan Linimasa #6 bertema Meramu yang terbuka untuk masyarakat umum dan gratis," kata Kepala TBY Purwiati di Yogyakarta, Senin.

Ia menjelaskan Linimasa merupakan parade teater tahunan yang digelar TBY. Melalui fasilitasi dana keistimewaan parade teater Yogyakarta ini diharapkan menjadi salah satu program pengembangan teater berbasis kelompok yang ada di Yogyakarta.

"Linimasa 2023 memasuki tahun keenam setelah berjalan setiap tahun sejak 2018. Berbagai jenis seni pertunjukan dari berbagai genre seperti drama, eksperimental, teater tubuh, post dramatik, dan teater media baru, baik yang bersifat intermedia maupun kolaborasi interdisiplin," kata Purwiati.

Kurator Linimasa #6 Elyandra Widharta mengatakan seperti tahun sebelumnya parade teater ini terbuka untuk seluruh kelolmpok teater yang ada di DIY dengan cara mendaftarkan seleksi melalui konsep pemanggungan.

"Tahun ini ada 38 proposal yang masuk, kemudian dikurasi oleh tim kurator dan diputuskan enam kelompok seni pertunjukan terpilih, yang memang sebelumnya pernah mendapatkan fasilitasi yang sama dari dana keistimewaan," katanya.

Praktisi seni pertunjukan yang juga kurator Linimasa #6 Koes Yuliadi menambahkan bahwa teater sebagai pertunjukan dalam Linimasa #6 bersinggungan dengan soal pangan. Beberapa kelompok teater menjelajahi dan bereksperimen dengan teks-teks pangan.

"Sementara pangan memiliki jangkauan sub-sub irisan lainnya seperti gastronomi, herbal, jamu, pranata mangsa, arsip resep, kuliner, dan teknologi pangan. Berbagai kelompok sedang memacu gagasannya tentang pangan dan mengajak lainnya untuk melihat proses meramu tersebut," katanya.