Delapan kelompok wayang orang beraksi

id wayang orang, festival wayang orang, kesenian wayang orang, wayang, ngesti pandowo,wo ngesti pandowo,disbudpar, dinas ke

Delapan kelompok wayang orang beraksi

Pembukaan Festival Wayang Orang Indonesia 2023 di Gedung Ki Narto Sabdo Kompleks Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang, Rabu (18/10/2023). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

Semarang (ANTARA) - Delapan kelompok wayang orang dari berbagai daerah tampil pada Festival Wayang Orang Indonesia 2023 yang berlangsung di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang, 18-22 Oktober.

"Kami menghadirkan delapan kelompok wayang orang yang masih eksis dan survive di Indonesia," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Wing Wiyarso Poespojoedho, di Semarang, Rabu malam.

Kelompok wayang orang itu di antaranya Wayang Orang Bharata dari Jakarta, Wayang Orang Sriwedari (WOS) dan Wayang Orang Surya Sumirat Mangkunegaran dari Solo, serta dari Magelang, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali.

"Tak ketinggalan, Wayang Orang Ngesti Pandowo yang bermarkas di Semarang dan masih berkarya hingga saat ini, meskipun sudah hampir sembilan dekade sejak didirikan pada 1937 di Madiun, Jawa Timur," katanya.

Di sela pembukaan Festival Wayang Orang Indonesia 2023, Wing menjelaskan bahwa setiap hari ada dua wayang orang yang tampil sehingga masyarakat, khususnya anak-anak bisa mengetahui beragam kesenian wayang dari berbagai daerah.

"Tujuan festival ini agar budaya adiluhung bisa dilestarikan, dikenalkan kepada anak-anak sehingga mereka paham bahwa budaya kita tidak kalah dengan budaya asing, seperti Jepang dan Korea Selatan," katanya.

Ke depan, Wing berharap festival wayang orang tersebut bisa menjadi agenda rutin bukan hanya di Semarang, tetapi juga di daerah-daerah yang memiliki kesenian wayang orang atau memiliki perhatian terhadap pelestarian kesenian.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Delapan kelompok wayang orang berbagai daerah tampil di Semarang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024