RI siap kirim kapal RS rawat pengungsi Gaza

id pengiriman bantuan Gaza,Hercules Gaza,Menhan RI,Menhan Prabowo Subianto,Lanud Halim Perdanakusuma

RI siap kirim kapal RS rawat pengungsi Gaza

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di Base Ops Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023) memberi keterangan kepada wartawan selepas mendampingi Presiden RI Joko Widodo melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia dan lembaga lainnya untuk warga Palestina di Gaza. ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengatakan Pemerintah Indonesia siap mengirim kapal rumah sakitnya bersiaga di perairan sekitar Gaza untuk merawat pengungsi korban perang.

Dia mengatakan Pemerintah Indonesia saat ini dalam proses berkoordinasi dengan negara-negara di sekitar Gaza, Palestina, termasuk di antaranya Mesir untuk pengiriman kapal rumah sakit bantu itu.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkuasa di situ, terutama Mesir dan negara-negara lain untuk memungkinkan korban-korban yang bisa kita evakuasi. Kemudian, kami akan berkoordinasi dengan pihak Mesir di sana, TNI siap mengirim kapal rumah sakit. Kapal rumah sakit standby di sana untuk memberi bantuan lebih banyak,” kata Menhan RI saat ditemui di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, selepas acara pelepasan pengiriman bantuan Pemerintah RI ke Gaza.

Menhan Prabowo menyampaikan pihaknya menginformasikan kepada Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun bahwa Indonesia membuka semua rumah sakitnya untuk menerima pasien-pasien dari Palestina.

“Ini sudah kami sampaikan karena ini kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkuasa di situ, terutama Mesir mungkin dan negara-negara lain untuk memungkinkan korban yang bisa kita evakuasi,” kata Prabowo Subianto.

Menhan RI di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, mendampingi Presiden RI Joko Widodo meninjau keberangkatan dan melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari Pemerintah RI bersama TNI dan Polri, Palang Merah Indonesia, Baznas, Forum Zakat, dan masyarakat Indonesia untuk warga Palestina korban perang di Gaza.

Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangan di depan wartawan menyebut bantuan yang dikirim dari Jakarta, Sabtu, merupakan tahap pertama dari dua tahap yang direncanakan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menhan: RI siap kirim kapal rumah sakit untuk rawat pengungsi Gaza
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024