Bunda PAUD kawal transisi bahagia ke SD

id bunda paud,kemendikbudristek,paud,paud ke sd,iwan syahril

Bunda PAUD kawal transisi bahagia ke SD

Bunda PAUD Jakarta Timur menggelar kegiatan dongeng di RPTRA Gebang Sari, Cipayung, Jakarta, Kamis (22/9/2022). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Timur

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi 270 Bunda PAUD tingkat provinsi dan kabupaten/kota dalam mengawal Gerakan Transisi PAUD ke SD yang bahagia dan menyenangkan.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya pihak terkait, mulai dari pemerintah daerah, Dinas Pendidikan, mitra, dan tentunya Bunda PAUD serta Pokja PAUD yang telah bergotong royong meraih pencapaian gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbudristek Iwan Syahril pada malam pembukaan Apresiasi Bunda PAUD Nasional Tahun 2023 di Jakarta, Selasa (7/11).

Dia mengatakan tiga target dalam Program Merdeka Belajar Episode 24 tersebut telah tercapai pada Tahun Ajaran 2023/2024 secara bertahap.

Target pertama, kata dia, yakni berbagai daerah telah berhasil menghapus tes baca, tulis, dan hitung atau calistung dari proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada jenjang SD/MI.

Kedua, penerapan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama juga sudah banyak dilaksanakan oleh satuan pendidikan, sedangkan ketiga adalah penerapan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak.

“Perubahan ini tak luput dari peran serta Bunda PAUD yang secara aktif melakukan sosialisasi, advokasi, publikasi dan bahkan pendampingan selama masa PPDB dan MPLS tersebut,” katanya.
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek apresiasi Bunda PAUD kawal transisi bahagia ke SD