ASEAN: Program dialog lintas agama promosikan budaya

id Dialog lintas agama,Budaya,ASEAN,Konferensi Literasi Keagamaan Lintas Budaya

ASEAN: Program dialog lintas agama promosikan budaya

Konferensi Literasi Keagamaan Lintas Budaya digelar oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI bersama Institut Leimena di Jakarta, Selasa (14/12/2023). (ANTARA/HO-Institut Leimena)

Jakarta (ANTARA) -
Deputi Sekretaris Jenderal bidang Politik dan Keamanan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN, Matheus Michael Tene mendorong program dialog lintas agama dan budaya terus dilakukan untuk mempromosikan kekayaan budaya ASEAN.
 
“ASEAN perlu terus memperkuat program-program dialog antaragama dan antarbudaya, serta rancangan inisiatif untuk mempromosikan penghormatan dan dialog antarbudaya,” kata Tene dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (14/11).

Konferensi Literasi Keagamaan Lintas Budaya digelar oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI bersama Institut Leimena di Jakarta pada Selasa.
 
Ia menyayangkan berbagai tindak intoleransi dan diskriminasi berdasarkan agama atau kepercayaan yang belakangan semakin sering terjadi.
 
"Kawasan ASEAN mengakui pluralisme dan telah menetapkan kesetaraan ras dan kebebasan berkeyakinan sebagai hak-hak hukum konstitusional. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, tatanan sosial masyarakat majemuk telah terpukul di banyak tempat," ujar dia.
 
Untuk itu, Tene menegaskan pentingnya mendorong dialog dan pemahaman antarbudaya demi melindungi minoritas dan memerangi ujaran kebencian, serta yang utama yakni menjunjung tinggi kebebasan berpendapat dan berekspresi.
 
 
Sementara itu, Direktur Eksekutif Institut Leimena Matius Ho mengatakan pendekatan literasi keagamaan lintas budaya (LKLB) sejalan dengan strategi Komunitas ASEAN untuk mendukung visi pasca 2025 menuju ASEAN 2045.
 
Menurutnya, program LKLB yang digelar di Indonesia telah menarik minat negara-negara lain seperti Afrika Selatan, Uzbekistan, Kazakhstan, Belanda, Amerika Serikat, dan Vietnam.
 
“Memang selama dua tahun program ini berjalan, kami mendapat undangan ke berbagai negara di luar untuk memperkenalkan LKLB. Mereka ingin mengetahui bagaimana program ini dijalankan di Indonesia,” kata Matius.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ASEAN dorong program dialog lintas agama untuk promosikan budaya
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024