ANRI kumpulkan Surat Cinta Bung Karno berisi fakta G30S/PKI

id ANRI, G30S/PKI, Bung Karno, Arsip Nasional G30S/PKI, Ratna Sari Dewi

ANRI kumpulkan Surat Cinta Bung Karno berisi fakta G30S/PKI

Kepala ANRI Imam Gunarto diwawancarai wartawan di sela agenda sistem pemerintahan berbasis elektronik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) di Denpasar, Jumat (17/11/2023) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Denpasar (ANTARA) - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengumpulkan lebih dari 300 arsip salah satunya sejumlah Surat Cinta Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno kepada istrinya Ratna Sari Dewi di Tokyo, Jepang, yang berisi fakta baru soal G30S/PKI.

“(Arsip) sudah di Indonesia tapi aslinya masih di sana (Jepang). Nanti pelan-pelan kami akan bawa juga aslinya,” kata Kepala ANRI Imam Gunarto di sela Agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Denpasar, Bali, Jumat.

Saat ini, kata dia, pihaknya sedang menyusun sebagian arsip yang sudah dibawa ke Tanah Air dari kediaman Ratna Sari Dewi di Tokyo pada minggu lalu.
 

Menurut dia, arsip tersebut tergolong baru dibuka yang selama ini disimpan rapi oleh istri keenam Sang Proklamator RI Soekarno.

ANRI, lanjut dia,  sudah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Jepang untuk memantau dan melanjutkan arsip bersejarah itu.

“Selama ini kan disimpan terus oleh Ibu Dewi, belum dibuka (publik) dan itu ada 300 lebih arsip di sana (kediaman Ratna Sari Dewi di Tokyo),” katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ANRI kumpulkan Surat Cinta Bung Karno berisi fakta baru soal G30S/PKI
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024