Debat berformat "town hall" efektif uji visi-misi paslon

id pemilu 2024,pilpres 2024,debat capres,tpn ganjar mahfud

Debat berformat "town hall" efektif uji visi-misi paslon

Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menyampaikan paparannya saat acara silaturahim di gedung iNews Tower, Jakarta, Selasa (5/12/2023). Kegiatan yang dihadiri perwakilan pondok pesantren dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Jabodetabek tersebut dihelat Partai Perindo sekaligus sebagai ajang kampanye pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3. ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/aww. (ANTARA FOTO/SULTHONY HASANUDDIN)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Direktorat Komunikasi Informasi dan Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Y. Tomi Aryanto, memandang bahwa debat dengan format town hall bisa lebih efektif menguji visi-misi atau gagasan setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden.

"Kenapa kami mengusulkan format yang memberikan kesempatan untuk audiens itu berinteraksi? Karena supaya apa yang menjadi buah pikiran dari calon-calon (pemimpin) ini juga diuji di tempat," kata Tomi saat konferensi pers di Jakarta, Rabu malam (6/12).

Tomi mengingatkan bahwa debat capres-cawapres merupakan sarana yang tepat untuk mengungkap gagasan setiap paslon. Masyarakat juga harus mengetahui isi pikiran dari setiap paslon dengan sebaik-baiknya. Oleh sebab itu, TPN mengusulkan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dapat menerapkan format town hall.

Dia menjelaskan, konsep town hall pada dasarnya memberikan kesempatan kepada audiens atau penonton untuk mengajukan pertanyaan kepada capres-cawapres. Format tersebut dinilai lebih menarik dibanding format podium yang pernah diterapkan pada Pilpres 2019.

Tomi tidak memungkiri bahwa visi-misi yang ditawarkan setiap paslon memang mempunyai keunggulan. Namun, dia mengingatkan bahwa penyusunan visi-misi paslon turut melibatkan tim pemenangan masing-masing. Mengingat hal tersebut, maka masyarakat perlu menguji penguasaan dan pemahaman capres-cawapres terhadap visi-misinya masing-masing.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TPN nilai debat dengan format "town hall" efektif uji visi-misi paslon
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024