Pjs Bupati Sleman ajak masyarakat bijak bersikap ciptakan pemilu sehat

id Pjs Bupati Sleman ,Pilkada Sleman 2024,Pilkada Serentak 2024

Pjs Bupati Sleman ajak masyarakat bijak bersikap ciptakan pemilu sehat

Pjs Bupati Sleman Kusno Wibowo turut menandatangani naskah Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Sleman 2024 yang diselenggarakan Bawaslu Sleman, Rabu (25/9/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Kusno Wibowo mengajak masyarakat di wilayah itu untuk bijak dalam bersikap sebagai upaya menciptakan Pilkada 2024 yang sehat.

"Masyarakat harus dapat bersikap lebih bijak dan menghindari sikap menjelek-jelekkan pihak lain selama tahapan Pilkada Sleman 2024," kata Kusno seusai mengikuti Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Sleman di Sleman, Rabu.

Kusno berharap, deklarasi ini dapat mengantarkan masyarakat kepada Pilkada 2024 di Kabupaten Sleman yang demokratis dan jujur.

"Pelaksanaan kampanye pemilu harus benar-benar sesuai dengan tujuannya dan memberikan manfaat bagi masyarakat. akuntabel dan bermartabat," katanya.

Ia mengatakan, deklarasi kampanye damai menjadi wujud komitmen bersama dalam menyelenggarakan kampanye damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sleman tahun 2024.

"Mudah-mudahan seluruh tahapan Pemilu 2024 berjalan kondusif, aman dan tertib. Sehingga pemilu tahun ini menjadi pemilu yang mempersatukan seluruh elemen bangsa, pemilu yang semakin menguatkan kerukunan, persatuan dan kesatuan masyarakat Sleman walaupun kita berbeda pilihan," katanya.

Ia juga mengingatkan terkait keadilan dan integritas pemilu sebagai parameter demokrasi.

"Keadilan dan integritas pemilu harus dapat diwujudkan secara nyata dalam pengaturan seluruh tahapan pemilu, termasuk kegiatan kampanye," katanya.

Sedangkan Ketua Bawaslu Sleman Arjuna Al Ichsan Siregar mengatakan kegiatan Deklarasi Kampanye Damai menjadi salah satu upaya untuk memastikan kesiapan SDM dan perangkat pengawasan dalam mengawasi setiap tahapan pemilihan yang sedang berlangsung, termasuk pada tahapan kampanye.

Selain itu, bawaslu juga ingin membangun komitmen bersama demi suksesnya penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sleman ke depan.

"Setidaknya ada tiga pesan utama yang ingin kami sampaikan ke masyarakat. Komitmen untuk menjaga netralitas, komitmen untuk menjaga kondusifitas wilayah masing-masing di tengah persaingan politik dalam pemilihan, serta komitmen untuk membangun budaya demokrasi yang sehat tanpa politik uang," katanya.

Ia berpesan agar masyarakat ikut memastikan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sleman tahun 2024 berlangsung dengan aman, damai, dan sukses.

"Diharapkan Pilkada tahun ini dapat menciptakan hasil yang dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Sleman," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024