Dinkes memastikan di Gunungkidul belum ada masyarakat terpapar COVID-19

id COVID-19,Gunungkidul,virus corona

Dinkes memastikan di Gunungkidul belum ada masyarakat terpapar COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty. (ANTARA/Sutarmi)

Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan belum ada laporan adanya warga di wilayah itu yang terpapar COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty di Gunungkidul, Jumat, mengklaim wilayahnya belum ada laporan kasus COVID-19 atau nol kasus.

"Sampai saat ini, kami belum menerima adanya laporan warga yang terpapar COVID-19," kata Dewi Irawaty.

Seperti diinformasikan, kasus COVID-19 dilaporkan mengalami kenaikan di sejumlah daerah. Salah satunya tren kenaikan dilaporkan terjadi di DIY, yakni di Kabupaten Bantul.

Namun demikian, lanjut Dewi, dinkes telah melalukan langkah antisipasi bila ada kasus COVID-19, mulai dari penyiapan tempat tidur untuk pasien COVID-19 di rumah sakit umum daerah.

Kemudian, Dinkes Gunungkidul juga menyiapkan logistik seperti obat, oksigen, hingga rapid tes.

"Dinkes Gunungkidul juga masih memberikan layanan vaksinasi untuk masyarakat," katanya.

Dia mengimbau masyarakat selalu waspada dan menjaga kesehatan, serta tetap menerapkan protokol kesehatan ketika beraktivitas.

"Apalagi ada potensi kerumunan saat natal dan tahun baru, dan kampanye, perlu protokol kesehatan lagi seperti pakai masker maupun cuci tangan," imbaunya.

Lebih lanjut, Dewi mengimbau masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta melengkapi vaksinasi sampai tahap vaksin booster.

Masyarakat juga diingatkan selalu menjaga pola makan, olahraga. Hal ini supaya tubuh selalu sehat, sehingga menghindarkan tubuh terpapar virus.

"Serta, jika sakit segera periksa ke rumah sakit atau dokter, dan tidak keluar rumah," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024