Pemda DIY meluncurkan becak kayuh bertenaga alternatif

id becak bertenaga alternatif,Sumbu Filosofi,Pemda DIY

Pemda DIY meluncurkan becak kayuh bertenaga alternatif

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X (tengah) mengamati becak kayuh bertenaga alternatif saat peluncuran moda transportasi tradisional itu di Taman Parkir Ketandan, Kota Yogyakarta, Sabtu (23/12/2023) (ANTARA/HO-Pemda DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan becak kayuh bertenaga alternatif sebagai moda transportasi tradisional di kawasan Sumbu Filosofi Yogyakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti saat peluncuran becak kayuh bertenaga alternatif (berkreatif) di Taman Parkir Ketandan, Kota Yogyakarta, Sabtu, mengatakan untuk tahap awal diproduksi sebanyak 50 unit becak.

"Sementara ini kita produksi 50 unit. Target kita memang sekitar 400, tapi bertahap enggak bisa sekaligus," kata dia.

Becak yang mengambil model desain purwarupa dari Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) DIY itu diproduksi dengan dana keistimewaan dan siap dioperasikan pada awal 2024.

Ni Made menuturkan inisiatif awal pembuatan becak kayuh bertenaga alternatif adalah untuk menjaga eksistensi kendaraan tradisional khususnya becak kayuh di Yogyakarta sesuai amanat Perda DIY Nomor 5 Tahun 2016 tentang Moda Transportasi Tradisional Becak dan Andong.

Baca juga: Pemda DIY segera evaluasi tarif angkutan sewa khusus

Baca juga: Pemda DIY tawari Pemerintah Swiss investasi pengembangan aerotropolis


Salah satu ikon kendaraan tradisional di DIY itu dilestarikan dengan mempertahankan ciri khasnya yaitu tetap dikayuh, namun didukung dengan sistem penggerak (pedal assist) bertenaga listrik.

Dengan tenaga penguat laiknya sepeda elektrik tersebut, diharapkan pengemudi merasa lebih ringan mengayuh becak.

"Adanya penggunaan teknologi tentunya menjadi suatu hal yang memungkinkan selama sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata dia.

Keberadaan becak kayuh bertenaga alternatif, lanjut Made, juga sekaligus mendukung terwujudnya "low emission zone" atau zona rendah emisi di kawasan Sumbu Filosofi Yogyakarta yang telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

"Dengan ditetapkannya Sumbu Filosofi sebagai warisan dunia oleh UNESCO maka terdapat konsekuensi untuk menjaga kebersihan lingkungan dari polusi udara," kata dia.

Sumbu Filosofi Yogyakarta merupakan konsep tata ruang berbentuk garis lurus yang membentang mulai Panggung Krapyak di selatan, Keraton Yogyakarta, hingga Tugu Yogyakarta di utara.

"Nanti tahap awal (operasional becak bertenaga alternatif) masih di Malioboro dulu," ujar Ni Made.

Dalam kesempatan itu, Pemda DIY juga meresmikan stasiun pengisian daya baterai becak yang berlokasi di Taman Parkir Ketandan di jalan Ketandan Wetan, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengatakan becak kayuh merupakan salah satu ikon DIY serta bagian tak terpisahkan dari nostalgia tentang Yogyakarta.

Menurut Paku Alam, agar tetap hidup, tradisi atau budaya tidak boleh stagnan seraya mengikuti dinamika zaman tanpa harus menghilangkan esensi tradisi atau budaya dimaksud.

"Ada pula kewajiban untuk memanusiakan manusia yang harus terus diupayakan, terlebih karena ini sudah menjadi komitmen jangka panjang DIY. Untuk itu, saya mengapresiasi diluncurkannya becak kayuh dengan tenaga alternatif beserta sarana prasarana pendukungnya pada hari ini," tutur Paku Alam X.

Baca juga: Pemda DIY pertahankan SAKIP predikat "AA" enam kali berturut-turut

Baca juga: Sultan HB X tetapkan UMK kabupaten/kota se-DIY tahun 2024



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemda DIY luncurkan becak kayuh bertenaga alternatif