Ketum PP Muhammadiyah berharap debat capres mencerdaskan bangsa

id Debat capres,Pemilu 2024,Kulon Progo,Ketum PP Muhammadiyah,Haedar Nashir

Ketum PP Muhammadiyah berharap debat capres mencerdaskan bangsa

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Minggu (7/1/2023). (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir berharap debat ketiga calon presiden Pemilu 2024, yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam, dapat berperan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.

Di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Minggu, Haedar Nashir mengatakan debat capres-cawapres merupakan ajang untuk mengadu argumen tentang visi, misi, dan hal-hal mendasar berbangsa dan bernegara.

"Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh pasangan calon presiden peserta Pemilu 2024 untuk berdebat secara elegan, mengedepankan prinsip-prinsip etika luhur berdebat, dan juga substansinya menyangkut hal-hal mendasar tentang kehidupan dan masa depan bangsa," kata Haedar Nashir.

Dia tidak berharap debat capres-cawapres Pemilu 2024 hanya menjadi ajang cerdas cermat.

"Hal itu akan mengurangi muruah dari debat capres itu," ujarnya.



Debat ketiga capres Pemilu 2024, Minggu, akan mempertemukan tiga capres di Istora Senayan, Jakarta, mulai pukul 19.00 WIB.

Tema debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Rangkaian debat capres-cawapres dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada tanggal 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

KPU telah menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Haedar Nashir harap debat capres mencerdaskan bangsa