BPH Kusumo Kuntonugroho nikahi Laily Annisa

id dhaup ageng pakualaman,pernikahan pakualaman,BPH Kusumo Kuntonugroho

BPH Kusumo Kuntonugroho nikahi Laily Annisa

Prosesi ijab qabul putra Adipati Pakualaman KGPAA Paku Alam X, Bendara Pangeran Harya (BPH)  Kusumo Kuntonugroho, dengan Laily Annisa Kusumastuti di Masjid Pakualaman, Yogyakarta, Rabu (10/1/2024) (ANTARA/HO-Pakualaman)

Yogyakarta (ANTARA) - Putra bungsu penguasa Puro Pakualaman Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X, Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Kuntonugroho, menikahi Laily Annisa Kusumastuti pada Rabu.

Ijab kabul Dhaup Ageng BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti dilaksanakan di Masjid Ageng Pakualaman, Yogyakarta, mulai pukul 08.30 WIB.

Ayah Laily Annisa Kusumastuti, Tri Wibowo, bertindak sebagai wali nikah, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Jurumartani sebagai saksi dari pihak mempelai pria, dan Prof. Dr. drg. Sudibyo sebagai saksi dari pihak mempelai wanita dalam ijab qabul tersebut.

Selama prosesi ijab kabul, mempelai pria maupun perempuan mengenakan busana dengan batik motif Indra Widagda, motif pertama yang dibuat berdasarkan iluminasi Bathara Indra dalam naskah Sestradisuhul dan Sestra Ageng Adidarma.

Di samping keluarga dan kerabat, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD juga menghadiri acara tersebut.

Setelah akad nikah, prosesi Dhaup Ageng dilanjutkan dengan panggih, pertemuan mempelai pria dengan mempelai perempuan.

"Akad nikah yang di masjid ini adalah akad secara syariat, secara agama Islam. Walaupun secara syariat sudah sah jadi suami istri, tapi secara adat belum, karena masih harus melalui prosesi panggih," kata Mas Ngabehi Citropanambang, Urusan Pranatan Lampah Dhaup Ageng Pakualaman.

BPH Kusumo Kuntonugroho lahir di Yogyakarta pada 23 Oktober 1996 dengan nama kecil RM Bhismo Srenggoro Kunto Nugroho. 

Putra bungsu Adipati Pura Pakualaman KGPAA Paku Alam X dan GKBRAA Paku Alam itu telah menempuh pendidikan di Departemen Mikrobiologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada serta Departemen Bioteknologi Graduate School of Engineering Osaka University.

Saat ini, dia sedang menempuh program pendidikan doktoral di Departemen Bioteknologi Graduate School of Engineering, Osaka University.

Sementara itu, Laily Annisa Kusumastuti adalah dokter yang lahir di Cilacap pada 20 Oktober 1996.

Dia merampungkan pendidikan tinggi di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM lalu melanjutkan ke Program Pendidikan Profesi Dokter di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM.