Polres Bantul dan Bawaslu perkuat sinergitas jelang Pemilu 2024

id Polres Bantul ,Bawaslu Bantul ,Sinergitas jelang

Polres Bantul dan Bawaslu perkuat sinergitas jelang Pemilu 2024

Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta menerima audiensi Ketua Bawaslu Bantul Didik Joko Nugroho di Mapolres Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamis (11/1/2024). ANTARA/HO-Humas Polres Bantul

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerima kunjungan dan audiensi dari komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten setempat untuk memperkuat sinergitas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Dalam audiensi itu kedua pihak mendiskusikan pelaksanaan Pemilu 2024, dan kemitraan dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu)," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul AKBP Michael R Risakotta dalam keterangan pers di Bantul, Kamis.

Menurut dia, Polres menyampaikan apresiasi atas koordinasi dengan Bawaslu Bantul yang sudah berjalan dengan baik selama ini. Sehingga situasi di wilayah Bantul selama tahapan Pemilu 2024 relatif kondusif.

"Terkait alat peraga kampanye (APK) yang sebelumnya banyak terpasang di dekat bangunan-bangunan milik pemerintahan khususnya di dekat pos-pos polisi sudah di respon oleh Bawaslu Bantul dan sudah ditertibkan," ujar Michael.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga berharap Bawaslu dapat mensosialisasikan kepada partai politik (parpol) atau tim pemenangan, serta calon anggota legislatif (caleg) agar mengurus Surat Tanda Terima Pemberitahuan Kampanye (STPPK) tujuh hari sebelum kegiatan kampanye.

Hal itu, menurut dia, karena dalam kenyataannya masih banyak peserta Pemilu yang mengajukan pemberitahuan kampanye satu hari sebelum kegiatan dilaksanakan.

"Terkait dengan hal itu, mohon kepada Bawaslu juga ikut menekankan kepada mereka untuk mengikuti mekanisme penyampaian pemberitahuan kampanye sesuai peraturan yang ada," ujarnya.

Pihaknya juga meminta, Bawaslu Bantul tidak segan memberikan teguran apabila ada kegiatan di masyarakat yang sekiranya ditemukan indikasi yang mengarah pada kegiatan kampanye.

"Silahkan Bawaslu secara proporsional sesuai tugasnya sebagai pengawas pemilu memberikan peringatan atau catatan," ucap AKBP Michael.

Lebih lanjut, Kapolres Bantul juga menegaskan komitmennya untuk tetap memberikan pengamanan dan mem-back up keamanan terhadap kegiatan-kegiatan Bawaslu, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung aman dan tertib.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bantul Didik Joko Nugroho menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Bantul dan jajaran yang telah menerjunkan anggotanya untuk mengamankan Kantor Bawaslu dan kegiatan penertiban APK Pemilu.

"Kami juga berterimakasih karena sudah dibantu dalam kegiatan penertiban APK sehingga situasi kondusif, walaupun memang masih banyak protes, tetapi terkondisi," katanya.