Warga penolak imunisasi polio anak diedukasi

id imunisasi polio karanganyar,Sub PIN Polio,penularan polio

Warga penolak imunisasi polio anak diedukasi

Petugas kesehatan memberikan vaksin polio kepada anak pada pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Balai Desa Ngringo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (17/1/2024). (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Karanganyar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Karanganyar di Provinsi Jawa Tengah membentuk Forum Masyarakat Peduli Imunisasi dalam upaya mengedukasi warga yang menolak pelaksanaan imunisasi polio pada anak.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar Warsito di Karanganyar, Kamis, menyampaikan bahwa masih ada 77 orang di Kecamatan Jatiyoso dan sembilan orang di Kecamatan Tawangmangu yang menolak pelaksanaan imunisasi polio.

"Diharapkan dengan adanya edukasi dari masyarakat untuk masyarakat akan lebih efektif. Kalau dari Dinas Kesehatan kan dikira memerintah masyarakat, namun kami coba dari masyarakat pada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, Dinas Kesehatan juga mempercepat pelaksanaan imunisasi di lingkungan sekitar warga yang menolak pelaksanaan imunisasi polio pada anak.

"Lingkungan sekitar penolakan kami garap supaya tidak terpengaruh, diisolasilah istilahnya. Jadi masyarakat yang menolak ini nanti diberi edukasi oleh masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar Purwati mengatakan bahwa warga yang menolak pelaksanaan imunisasi polio pada anak sudah diminta untuk membuat surat pernyataan.

"



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Karanganyar bentuk forum untuk edukasi warga yang menolak imunisasi