3.094 pemulung punya asuransi kesehatan gratis

id pemulung sampah plastik,sampah plastik,bpjs kesehatan,jaminan kesehatan gratis,bpjs kesehatan pemulung

3.094 pemulung punya asuransi kesehatan gratis

Pemulung Asis (kiri) dan Atmawati (kanan) menerima obat secara gratis melalui program asuransi kesehatan di Bali. (ANTARA/HO-Plastic Bank Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Country Manager Plastic Bank Indonesia Frederick Saman mengatakan sebanyak 3.094 anggota komunitas pengumpul plastik beserta keluarganya yang tersebar di 10 provinsi telah memiliki akses layanan kesehatan gratis.
 
Program kesehatan gratis itu bentuk kolaborasi Plastic Bank dengan BPJS Kesehatan untuk mengentaskan kemiskinan, menghentikan polusi plastik, dan meningkatkan kesejahteraan komunitas pengumpul sampah di Indonesia.
 
“Program BPJS Kesehatan gratis merupakan bagian dari komitmen kami untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas pengumpul plastik yang sering kali termarginalkan. Padahal mereka memiliki peran yang sangat penting dalam melestarikan lingkungan," kata Frederick dalam keterangan di Jakarta, Selasa.
 
Sejak tahun 2021, Plastic Bank telah membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan para anggotanya beserta keluarga mereka yang menggunakan sampah plastik sebagai mata uang.
 
Program BPJS Kesehatan gratis itu terbuka untuk seluruh anggota aktif Plastic Bank yang sudah terdaftar selama minimal tiga bulan dan mengumpulkan plastik daur ulang minimal 50 kilogram setiap bulan.
 
Melalui program Jaminan BPJS Kesehatan tersebut, anggota komunitas pemulung mendapatkan akses layanan kesehatan penuh, termasuk rawat jalan dan rawat inap, serta layanan kesehatan mental.
 
Program itu turut mengurangi kekhawatiran anggota komunitas jika mengalami sakit dan juga kekhawatiran terhadap biaya pengobatan.
 
"Kami juga berkomitmen untuk mengentaskan kemiskinan dengan memberdayakan komunitas yang mengumpulkan plastik daur ulang dan menukarnya dengan pendapatan serta berbagai manfaat sosial lainnya sehingga turut meningkatkan tingkat daur ulang di Indonesia," kata Frederick.
 
Selain memfasilitasi pendaftaran dan menanggung iuran bulanan bagi anggota dan keluarganya, Plastic Bank bekerja sama dengan BPJS Kesehatan juga memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai berbagai manfaat jaminan kesehatan tersebut.
 
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024