Jangan asal lap, begini tips merawat meja dapur berdasarkan jenisnya

id meja dapur

Jangan asal lap, begini tips merawat meja dapur berdasarkan jenisnya

Meja dapur (ANTARA/HO-Aica)

Yogyakarta (ANTARA) - Meja dapur atau sering juga disebut kitchen top table/kitchen top merupakan bagian penting dalam interior bangunan, terutama area dapur, karena area ini merupakan pusat kegiatan dapur seperti memasak, memotong, menaruh barang dan sebagainya.

Oleh karena itu meja dapur memerlukan perhatian agar penampilannya tetap cantik sesuai dengan konsep dapur anda. Adapun material meja dapur yang paling sering digunakan saat ini adalah Tough Top, Solid Surface, dan Granite.

Refi Aditya, Digital Marketing Executive Aica Indonesia, memberikan tips merawat meja dapur yang menggunakan ketiga material tersebut

"ToughTop merupakan material top table/meja dapur yang sedang ramai diminati akhir-akhir ini. Material yang satu ini merupakan material meja dapur yang terbuat dari kraft paper yang disusun dan di press menggunakan resin sehingga menghasilkan material yang keras dengan ketebalan 3 mm," kata Refi Aditya, di Yogyakarta, Minggu.

Material ini juga memiliki beragam motif granite dan marble dengan harga yang lebih terjangkau. "Material ToughTop ini dapat dipasang langsung diatas plywood, meja keramik hingga diatas meja beton acian menggunakan lem sealant dan double foam tape," kata Refi Aditya.

Adapun cara merawat meja dapur ToughTop juga praktis dan mudah. "Cukup bersihkan dengan lap basah yang bersih. Tidak perlu menggunakan cairan pembersih atau zat kimia kuat lainnya," ujarnya.

Jika noda membandel, cukup gunakan sabun cuci piring lalu bilas dan lap hingga bersih. Material ToughTop ini juga tidak memiliki pori-pori sehingga berbagai noda yang tumpah diatasnya tidak akan menyerap dan mudah dibersihkan. 

"ToughTop juga diklaim tahan panas tinggi serta tahan terhadap abrasi (goresan) pemakaian sehari-hari," kata Refi yang juga merekomendasikan informasi lebih dalam tentang ToughTop di website Aica Indonesia itu.

Adapun tips merawat meja dapur Solid Surface juga ada caranya. Solid surface juga tidak kalah terkenal di kalangan pecinta interior dapur. Pasalnya material ini sangat mudah dijumpai di toko-toko material interior. Material ini terbuat dari campuran resin, akrilik dan pigmen warna. 

"Untuk pembersihan material solid surface dapat menggunakan cairan pembersih berbahan ammonia. Lap secara merata kemudian lap dengan kain kering untuk mencegah noda bercak," kata Refi Aditya.

Hindari membiarkan cairan tumpah terlalu lama diatas permukaan Solid Surface. Material ini memiliki pori-pori yang sangat memungkinkan untuk cairan tersebut meresap, jika sudah meresap akan sangat sulit untuk membersihkannya kembali.

Jika noda membandel, hapus noda dengan campuran air dan pemutih atau tuangkan denaturasi alkohol pada kain bersih. Bilas dengan air dan lap sampai kering.

Gunakan alas tahan panas apabila ingin menaruh panci panas diatas permukaan Solid Surface. Panas tinggi dapat merusak permukaan Solid Surface. Jangan melakukan kegiatan memotong langsung diatas meja solid surface, selalu gunakan cutting board sebagai alas.

Refi Aditya juga membeberkan tips merawat meja dapur Granite. "Material yang satu ini bisa jadi merupakan yang termahal di antara ketiga material yang kita bahas kali ini," katanya.

Granite itu sendiri merupakan material batuan alami yang berasal dari perut bumi yang diproses menggunakan beragam mineral tambahan untuk menghasilkan corak yang lebih bervariasi. 

"Di Indonesia, granite cukup digemari sebagai pilihan material meja dapur/top table karena memiliki nilai estetika dan kemewahan tersendiri," kata dia.

Adapun tips untuk merawat meja dapur berbahan granite ada beberapa langkah perlu diperhatikan. "Bersihkan meja dengan air hangat dan lap dengan kain bersih untuk perawatan sehari-hari. Jika anda menumpahkan suatu cairan yang berwarna diatas meja granite, gunakan tissue agar cairan tersebut meresap ke tissue," ujar dia.

Refi menyarankan jangan di lap karena dapat memperluas sebaran noda. Setelah sebagian besar cairan meresap, bersihkan meja dengan kain lap bersih yang diberi air hangat, setelahnya bersihkan dengan kain lap kering dan bersih.

Hindari memotong dan menggoreskan benda keras terlalu sering diatas permukaan meja granite walaupun material ini sudah tahan gores. Ada langkah treatment berupa coating untuk menjaga permukaan granite tetap pada kondisi yang prima.

"Jangan diamkan bercak air! Jika ada bercak air diatas meja granite anda (walaupun hanya air keran) segera bersihkan dengan kain lap kering yang bersih untuk menghindari noda bercak," kata dia.

Demikian sejumlah tips merawat meja dapur atau kitchen top table berdasarkan beberapa jenis material meja dapur yang paling sering digunakan. Dengan pemeliharaan yang optimal, semua material meja dapur/top table dapat memberikan ketahanan dan keawetan yang jauh lebih lama, terutama dalam segi estetikanya.

"Pastikan kamu memilih material top table yang memiliki banyak keunggulan, terutama dalam ketahanannya terhadap goresan, air, suhu panas hingga kemudahan dalam proses perawatan dan pemasangannya," tutur Refi Aditya.