16 RT di DKI Jakarta terendam banjir

id BPBD DKI,banjir,Banjir jakarta, banjir jakarta hari ini, banjir manggarai, luapan kali ciliwung

16 RT di DKI Jakarta terendam banjir

Salah satu warga tengah melintas di jalan yang terendam banjir di kawasan Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (14/3/2024). ANTARA/Syaiful Hakim

Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat sebanyak 16 rukun tetangga (RT) di wilayah Jakarta terendam banjir pada Jumat pagi hingga pukul 04.00 WIB.

"BPBD mencatat genangan masih terjadi di 16 RT atau 0,052 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Isnawa menuturkan banjir tersebut disebabkan kenaikan status Bendung Katulampa dan Pos Pantau Depok menjadi Siaga 3 (Waspada) dari sore hingga malam hari.

Adapun data wilayah terdampak yakni, satu RT di Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan yang memiliki ketinggian air 50 centimeter (cm). Penyebab banjir di wilayah tersebut karena curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung.

Luapan Kali Ciliwung juga menyebabkan banjir di 15 RT di Jakarta Timur yang terdiri dari empat RT di Kelurahan Bidara Cina dengan ketinggian mencapai 95 hingga 100 cm.

Selain itu, ada tiga RT di Kelurahan Kampung Melayu dengan ketinggian banjir mencapai 125 cm yang disebabkan luapan Kali Ciliwung.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD DKI catat 16 RT di Jakarta terendam banjir pada Jumat pagi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024