BRIN miliki suplemen dongkrak produktivitas sapi potong

id brin,suplemen sapi potong,suplemen mineral blok,suplemen hewan ternak,sapi potong

BRIN miliki suplemen dongkrak produktivitas sapi potong

Sejumlah sapi yang dijual di Pasar Hewan Singosari, Malang, Jawa Timur, Senin (8/1/2024). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) RI tahun 2023, populasi sapi potong di Jawa Timur mencapai 5,07 juta ekor, sapi perah sebanyak 314.385 ekor serta memiliki angka kelahiran sapi tertinggi di Indonesia yakni 1,2 juta ekor atau berkontribusi sebesar 52 persen terhadap angka kelahiran sapi nasional sehingga provinsi Jatim memiliki predikat sebagai gudang ternak nasional. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/YU (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO) (.)

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memiliki suplemen kaya nutrisi yang dapat mengatasi kebutuhan mineral dan meningkatkan produktivitas sapi potong agar optimal menghasilkan daging.

Kepala Pusat Riset Peternakan BRIN Tri Puji Priyatno mengatakan sejak tahun 2022 pihaknya telah melakukan riset dan telah menghasilkan formula suplemen yang dapat diperkaya dengan rumput laut maupun herbal.

"Penggunaan blok mineral merupakan teknologi pengantar yang sangat efektif untuk suplementasi mineral pada ternak ruminansia," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Tri menjelaskan teknologi itu sesuai dengan kebiasaan ternak ruminan yang suka menjilat, sehingga mudah diaplikasikan untuk mengatasi kekurangan mineral pada hewan ternak.



Produk bernama Mineral Block tersebut dapat menjadi sumber nutrisi ternak, seperti gula, protein, mineral, dan vitamin untuk menyeimbangkan asupan makanan serta dapat meningkatkan fermentasi rumen serta memperlancar pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Suplemen dalam Mineral Block juga dapat meningkatkan produksi ternak, kesehatan dan imunitas, fungsi sistem pencernaan, homeostasis mikrobiota, metabolisme, dan kinerja reproduksi pada hewan ruminansia.

Menurut Tri, suplemen Mineral Block dapat diperkaya dengan berbagai senyawa bioaktif untuk meningkatkan kesehatan dan performa ternak.

"Dengan perkembangan teknologi nano, ke depan formula mineral blok dapat terus diperbaiki dan ditingkatkan efikasinya untuk meningkatkan produktivitas ternak," ucapnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN punya suplemen untuk meningkatkan produktivitas sapi potong
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024