Penulis Indonesia diajak berkolaborasi angkat kearifan lokal di daerah

id Nilai lokal di daerah,Kearifan lokal,Karya sastra,Penulis,Perpustakaan Nasional

Penulis Indonesia diajak berkolaborasi angkat kearifan lokal di daerah

Pelaksana Tugas Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) E Aminudin Aziz ditemui usai acara peluncuran buku "Darurat Literasi Indonesia" di Perpusnas, Jakarta, Selasa (19/3/2024). (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)

Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) E Aminudin Aziz mengajak para penulis berkolaborasi dengan perpustakaan dan penerbit dengan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal di daerah dalam naskah atau cerita-cerita yang ditulis.

"Di seluruh perpustakaan, termasuk di daerah, kami mendorong adanya pembuatan buku berbasis nilai lokal. Misalnya, apa yang menarik menurut para penulis lokal yang harus diangkat, kemudian mereka tulis dengan standar karya sastra, dan diterbitkan," katanya di Perpusnas, Jakarta, Selasa.



Ia mengemukakan hal tersebut saat ditemui usai acara peluncuran buku oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih berjudul "Darurat Literasi Indonesia: Urgensi Reformulasi Sinergi dan Kolaborasi".

Aminudin juga menyebutkan, Perpusnas mendorong penulis untuk mengangkat kearifan lokal tersebut dengan pembiayaan dari perpustakaan daerah masing-masing.

"Ini terus kami dorong, programnya dari Perpusnas, dan pembiayaannya dari perpustakaan daerah masing-masing. Ini salah satu upaya yang kami ingin lakukan supaya kolaborasi antara penulis, penerbit, dan perpustakaan terjalin dengan baik," ucapnya.

Ia mengutarakan, Perpusnas juga telah menyelenggarakan pameran bersama Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kolaborasi.

"Bulan lalu kami menyelenggarakan pameran peluncuran buku bersama Ikapi jadi sudah ada bibit-bibit untuk ke sana (kolaborasi perpustakaan, penulis, dan penerbit)," ujar dia.

Ia menegaskan, Perpusnas juga telah merespons peningkatan indeks literasi masyarakat di Indonesia dengan mendirikan 10 ribu perpustakaan di desa


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perpusnas ajak penulis kolaborasi angkat nilai lokal di daerah 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024