Berhasil ditutup, tanggul Sungai Wulan Demak, Jateng

id banjir demak,banjir jateng,banjir pantura,demak,tanggul sungai,sungai wulan,tanggul sungai wulan,tanggul jebol,pj gubern

Berhasil ditutup, tanggul Sungai Wulan Demak, Jateng

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana (kiri) dan Kapolda JatengvIrjen Pol Ahmad Luthfi (tengah), saat mendampingi Presiden RI Jokowi dalam tinjauannya di Kabupaten Demak, Jateng, Jumat (22/3/2024). (ANTARA/HO-Pemprov Jateng)

Semarang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memastikan bahwa empat titik tanggul Sungai Wulan di Kabupaten Demak yang sempat jebol berhasil ditutup dan saat ini masih dalam proses penguatan.

"Saat ini sudah ditutup, dan bisa dikatakan tinggal penguatan saja," katanya usai mendampingi Presiden RI Joko Widodo saat melakukan tinjauan kondisi setelah banjir di Kabupaten Demak, Jumat.



Selama proses penguatan tanggul, kata dia, teknologi modifikasi cuaca (TMC) sebagai upaya rekayasa cuaca tetap akan dilakukan untuk mengantisipasi agar intensitas hujan tidak tinggi.

Ia mengatakan telah berkomunikasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai kelanjutan operasi TMC.

"Untuk pelaksanaan rekayasa cuaca, akan dilaksanakan sampai tanggul ini betul-betul siap, dan tanggul ini sudah betul-betul diperkuat. Setelah itu baru  rekayasa cuacanya dicabut," katanya.

Nana menilai upaya rekayasa cuaca yang berhasil dilaksanakan beberapa hari ini mampu membantu mengurangi debit air di wilayah terdampak banjir, sehingga penyedotan air di wilayah banjir juga optimal.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pj Gubernur Jateng: Tanggul Sungai Wulan sudah berhasil ditutup
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024