Dokter: Pengobatan TB anak harus sampai tuntas

id Tuberkulosis,Pengobatan tuberkulosis,Obat tuberkulosis,tb,obat tb,pengobatan tb

Dokter: Pengobatan TB anak harus sampai tuntas

Ilustrasi - Tuberkulosis (TBC). (ANTARA/HO-Sutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis anak dr. Arifianto, Sp.A(K) mengingatkan anak yang mengalami penyakit tuberkulosis harus menjalani pengobatan sampai tuntas agar bakteri penyebab infeksi bisa dibasmi sampai habis.

"TB bisa sembuh asal tuntas pengobatannya dan kontrolnya teratur. Kenapa kontrol itu rutin setiap bulan? Karena kita tidak cuma sekedar memastikan obatnya diminum atau tidak, tapi, bagaimana perbaikannya itu harus dipantau," kata Arifianto yang praktik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo dalam sebuah diskusi daring yang digelar pada Selasa.

Penyakit tuberkulosis disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacteria tuberculosis dan bisa disembuhkan dengan meminum obat, yang disediakan dalam bentuk paket terdiri dari beberapa jenis obat yang disebut Kombinasi Dosis Terpadu (KDT). Arifianto menjelaskan periode pengobatan penderita tuberkulosis berkisar antara 6 sampai 12 bulan bergantung kepada jenis infeksi tuberkulosis yang dialami.

"Untuk TB paru dan sebagian besar TB 6 bulan, tapi, TB yang berat seperti (TB) meningitis itu bisa sampai 12 bulan," ujar Arifianto.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengobatan tuberkulosis pada anak harus dijalani sampai tuntas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024