Penguatan parpol penting jaga budaya demokrasi di Indonesia

id Penguatan partai politik ,DPR ,MPR ,Bambang Soesatyo ,Bamsoet ,Demokrasi

Penguatan parpol penting jaga budaya demokrasi di Indonesia

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. ANTARA/HO-MPR.

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan penguatan partai politik (parpol) sangat diperlukan demi menjaga budaya demokrasi antara rakyat dan pemerintah.

"Semakin kuat dan sehatnya kondisi partai politik, semakin memudahkan terwujudnya hilir demokrasi berupa kemakmuran dan kesejahteraan rakyat," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu saat memberikan kuliah 'Pembaharuan Hukum dan Politik Hukum' Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Borobudur, di Jakarta, Sabtu.

Menurut Bamseot, penguatan partai politik bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas para kader, meningkatkan fasilitas operasional dan memperbanyak jumlah simpatisan di seluruh daerah.

Untuk melakukan hal tersebut, menurut dia membutuhkan banyak dana yang harus dikeluarkan partai politik. Hal inilah yang kerap menjadi penyebab utama munculnya kebutuhan dana oleh partai sehingga mendorong kadernya melakukan korupsi.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ketua MPR sebut penguatan partai penting untuk jaga budaya demokrasi.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024