Dosen diwajibkan melakukan penelitian kompetitif

id ulm,penelitian ulm,dosen ulm,universitas lambung mangkurat,penelitian kompetitif

Dosen diwajibkan melakukan penelitian kompetitif

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ULM Prof Sunardi (depan paling kiri) bersama para dosen dan perwakilan program studi saat sosialisasi panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dana PNBP ULM Tahun 2024. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mewajibkan setiap dosen melakukan penelitian kompetitif guna mendongkrak suara penelitian berupa publikasi internasional.

"Program penelitian ini dilaksanakan secara kompetitif berdasarkan seleksi proposal penelitian yang diajukan oleh dosen atau tim kelompok peneliti," kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ULM Prof Sunardi di Banjarmasin, Minggu.

Setiap dosen menerima dana penelitian yang nantinya digabung, kata dia, lalu kemudian bisa mengusulkan satu proposal untuk satu kelompok.



Ia menjelaskan beberapa karakteristik penelitian kompetitif antara lain bersifat multidisiplin, menghasilkan produk, inovatif, berkualitas, dan berdaya saing, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan penguatan kedaulatan nasional.

Sunardi mengatakan skema penelitian kompetitif dalam prosesnya dilaksanakan penuh kompetitif oleh penilai internal dan eksternal untuk menjaga kualitas dan transparansi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ULM wajibkan dosen lakukan penelitian kompetitif