Bandara Internasional Yogyakarta buka Posko Lebaran

id Lebaran 2024,Kulon Progo,YIA,Bandara Internasional Yogyakarta

Bandara Internasional Yogyakarta buka Posko Lebaran

General Manager PT AP I Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Ruly Artha meresmikan Posko Lebaran 2024 di Bandara Internasional Yogyakarta pada Selasa (2/4/2024). ANTARA/Sutarmi

Kulon Progo, DIY (ANTARA) - PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2024 untuk melayani pengguna jasa penerbangan melalui bandara tersebut.

General Manager Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Ruly Artha di Kulon Progo, DIY, Selasa, memprediksi jumlah penumpang arus mudik dan balik Lebaran 2024 mencapai 262 ribu orang.

"Posko Lebaran 2024 beroperasi dari 3-18 April 2024," katanya.

Ia mengatakan seluruh fasilitas, prosedur, dan personel siap mendukung pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 di YIA.

"Kami siap mempertahankan dari sisi keamanan, pelayanan, dan keselamatan penerbangan. Itu menjadi hal yang menjadi perhatian semua pemangku kepentingan dan perusahaan penerbangan untuk menyukseskan arus penerbangan di YIA," katanya.

Ia memperkirakan sebaran penumpang di YIA bisa bersifat fluktuatif selama masa libur Idul Fitri. Hal ini dikarenakan masa libur kali ini lebih panjang dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun, jika dibandingkan dengan hari biasa, Ruly memastikan akan ada peningkatan yang cukup signifikan. Adapun di hari biasa angkanya di kisaran 10 ribuan penumpang per hari.

"Kami perkirakan arus penumpang meningkat antara 14 ribu hingga 16 ribu penumpang per hari saat Lebaran," katanya.

Stakeholder Relation Manager AP I YIA Ike Yutiane menambahkan posko tersebut juga dibuka untuk memantau pergerakan penumpang dan pesawat, termasuk sebagai antisipasi terhadap berbagai kondisi yang bisa terjadi selama libur Idul Fitri nanti.

"Kami melibatkan banyak pihak selama mengoperasikan Posko Idul Fitri ini," katanya.