Sleman mengakselerasi program "Ibu Memanggil" atasi kejahatan jalanan

id Kejahatan jalanan ,Kapolda DIY ,Kapolresta Sleman ,Sleman

Sleman mengakselerasi program "Ibu Memanggil" atasi kejahatan jalanan

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Bupati Sleman Kustini Sri dan Kapolresta Sleman bersama duta Ibu Memanggil pada acara Safari Ramadhan di halaman Mapolresta Sleman, Selasa (2/4/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman Yogyakarta melakukan akselerasi program "Ibu Memanggil" bersama jajaran Polda Daerah Istimewa Yogyakarta dan Polresta Sleman sebagai upaya mengatasi munculnya kejahatan jalanan yang dilakukan anak usia sekolah.

"Kami berterima kasih kepada Polda DIY yang menggagas program Ibu Memanggil. Program ini selaras dengan tujuan kami dalam pelaksanaan pembinaan dan pengawasan kepatuhan anak pada jam istirahat anak," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menghadiri Safari Ramadhan Polresta Sleman, Selasa malam.

Dalam kegiatan yang berlangsung di halaman Mapolresta Sleman itu, hadir Kepala Polda DIY Irjen Polisi Suwondo Nainggolan dan Kepala  Polresta Sleman AKBP Yuswanto Ardi.

Kustini menyampaikan bahwa Safari Ramadhan ini menjadi momen silaturahmi sekaligus menyatukan visi dan sinergi untuk bersama-sama menjaga keamanan serta situasi kondusif di Sleman dan DIY.

Menurut dia, Pemkab Sleman bersama Polresta Sleman, Polda DIY, dan pemerintah akan terus berupaya mencegah tindak kejahatan jalanan yang melibatkan anak di bawah umur.

"Kami harap sinergi ini dapat memudahkan kita dalam mengawasi dan melindungi anak-anak kita," katanya.

Bupati berharap program kolaborasi ini bisa didukung semua pihak, baik para perangkat padukuhan dan kalurahan serta seluruh masyarakat untuk dapat saling asah, asih, asuh melindungi anak-anak Sleman dari ancaman bahaya kejahatan jalanan.

Kapolda DIY Inspektur Jenderal Polisi Suwondo Nainggolan mengatakan institusinya berkomitmen untuk menjaga keamanan dan situasi kondusif di DIY karena merupakan investasi.

Menurut dia, dengan jaminan rasa aman, jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara akan meningkat sehingga bisa menggerakkan perekonomian di DIY, termasuk Sleman.

"Keamanan dan situasi kondusif adalah investasi karena dengan adanya rasa aman maka wisatawan yang berkunjung ke DIY akan naik dan tentu berpengaruh pada perekonomian DIY," katanya.

Kapolda berharap akselerasi program Ibu Memanggil dapat menjadi upaya preventif kejahatan jalanan yang melibatkan anak di bawah umur.

"Program ini merupakan optimalisasi dan menyadarkan peran orang tua di rumah bahwa penting untuk mencegah perilaku anak tidak melakukan tindakan melanggar hukum," katanya.

Pada Kesempatan itu, Bupati Sleman juga sekaligus menyematkan rompi kepada lima orang Duta Ibu Memanggil di Kabupaten Sleman, dilanjutkan penyerahan surat tugas oleh Kapolda DIY kepada lima duta itu.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024