Pelaku wisata antisipasi bencana hidrometeorologi saat libur Lebaran 2024

id Sidarjo,banjir,bencana hidrometeorologi,banjir bandang,BPBD Jatim,Kalaksa BPBD Jatim,Gatot Soebroto

Pelaku wisata antisipasi bencana hidrometeorologi saat libur Lebaran 2024

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto (tengah) saat meninjau aliran sungai yang mampet dan menyebabkan banjir di Kabupaten Sidoarjo. (ANTARA/HO-BPBD Jatim)

Sidoarjo (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim mengingatkan kepada pemilik lokasi wisata terutama yang berada di daerah pegunungan supaya mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi saat musim pancaroba dari hujan ke kemarau dan juga saat musim liburan Lebaran.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto di Sidoarjo, Sabtu, mengatakan untuk pengelola pariwisata alam seperti sungai, gunung, bukit harus diantisipasi kemungkinan adanya perubahan cuaca hujan, longsor sehingga bisa melihat fasilitas pariwisata aman.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pengelola wisata yang ada di kabupaten kota dan juga sudah berikan surat imbauan kepada pengelola serta dinas pariwisata terkait dengan pengawasan pengunjung terkait adanya potensi lingkungan. Bilamana ada ancaman bencana gempa dan banjir besar kami minta pengelola menyiagakan regu penyelamatan," katanya.

Khusus bagi pemudik Lebaran tahun ini, dirinya juga meminta agar mewaspadai jalur-jalur yang berpotensi banjir dan tanah longsor di beberapa titik. Misalnya, di daerah Blega Bangkalan, sejumlah wilayah di Kabupaten Sampang, Keraton Pasuruan, Mojo Mojokerto dan beberapa wilayah di Kabupaten Malang.

Selain itu, juga beberapa daerah yang berpotensi angin kencang dan tanah longsor, seperti, di Caruban Madiun, Ngetos Nganjuk, Payung Kota Batu, Pujon Malang, Pronojiwo Lumajang dan jalur Ponorogo Pacitan.

"
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024