Ratusan warga Sruni Boyolali, Jateng, arak sapi sambut Lebaran Ketupat gaet turis

id Warga Sruni Boyolali miliki tradisi, unik arak sapi kalung ketupat

Ratusan warga Sruni Boyolali, Jateng, arak sapi sambut Lebaran Ketupat gaet turis

Ratusan warga saat menyiapkan ternak sapinya untuk diarak keliling kampung pada acara Lebaran Ketupat 2024 di Desa Sruni, Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali, Jateng, Rabu (17/4/2024). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

Boyolali (ANTARA) - Ratusan warga memiliki tradisi unik dengan mengarak ratusan sapi yang dikalungi ketupat keliling kampung menyambut Lebaran Ketupat di Dukuh Mlambong, Desa Sruni, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu.

Bahkan ratusan warga yang membawa ratusan sapi dan kambing di Desa Sruni atau di kawasan lereng Gunung Merapi sebelah timur tersebut sebagian hewan ternaknya diberi kalung ketupat serta minyak wangi sebelum diarak keliling kampung.

Menurut Abdul Somad selaku tokoh masyarakat Desa Sruni Boyolali, tradisi tersebut dilakukan sejak dahulu bertepatan Lebaran Ketupat atau Lebaran sapi. Tradisi menggembala sapi ini, kata dia, melanjutkan budaya dari nenek moyang dan sampai sekarang masih dilestarikan oleh warga Desa Sruni.

"Tradisi menggembala sapi yang sudah berlangsung turun-temurun ini, merupakan tradisi tahunan. Digelar pada akhir perayaan Lebaran atau di H+7 Lebaran, bertepatan dengan Lebaran Ketupat atau Syawalan, sehingga masyarakat setempat juga biasa menyebut Bakdo Kupat dan Bakdo Sapi," katanya.

Menurut Ketua RW 04 Desa Sruni Boyolali Jaman, kepercayaan warga pada tradisi syawalan dengan membawa hewan ternak keliling kampung karena pada hari itu Kanjeng Nabi Sulaiman memeriksa hewan-hewan ternak milik warga, sehingga warga juga mengikuti mengeluarkan sapi mereka dari kandang dan dibawa keliling kampung sebelum diberi makan ketupat.

"Kebudayaan ini mengikuti Kanjeng Nabi Sulaiman yang dahulu diperintah oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT) untuk mengurusi hewan peliharaan baik berkaki dua maupun empat. Jadi tradisi ini sudah berlangsung turun-temurun sejak zaman dahulu. Tradisi ini juga diawali dengan kenduri menggunakan ketupat berikut sayur dan lauknya oleh warga," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024