Wisatawan diminta kedepankan dekarbonisasi dalam berwisata di RI

id Hari Bumi, kemenparekraf, Sandiaga Uno, keberlanjutan, kelestarian alam, hari bumi 2024

Wisatawan diminta kedepankan dekarbonisasi dalam berwisata di RI

Tangkapan layar - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam jumpa pers mingguan yang digelar secara daring di Jakarta, Senin (22/4/2024). ANTARA/Sinta Ambar

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyerukan kepada wisatawan agar mengedepankan aspek dekarbonisasi dan keberlanjutan saat berwisata.
 
"Di Hari Bumi ini agar wisata lebih berkelanjutan dengan mengedepankan aspek dekarbonisasi, pengurangan emisi karbon dengan meng-'offset' melalui beberapa kegiatan penanaman mangrove, terumbu karang, penanganan sampah yang lebih berkelanjutan dan pengurangan 'food loss' dan 'food waste'," ujar Sandiaga dalam jumpa pers mingguan yang digelar di Jakarta, Senin.
 
Pada peringatan Hari Bumi ini, Sandiaga juga menyerukan pemanfaatan kendaraan listrik sebagai transportasi saat berwisata, sebagai upaya nyata untuk merealisasikan pariwisata bebas karbon.
 
Adapun sejumlah program Kemenparekraf dalam mendukung perlindungan bagi bumi, menurutnya, juga telah disampaikan dalam pertemuan tingkat tinggi "UN General Assembly Sustainability Week" yang di gelar New York, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.
 

Adapun wujud konkret melalui sejumlah upaya yang telah dilakukan seperti "offset" emisi karbon, penanaman hutan mangrove di beberapa destinasi wisata, restorasi terumbu karang, ada juga kegiatan untuk penanganan isu sampah, "food loss" dan "food waste".
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf serukan wisatawan kedepankan dekarbonisasi dalam berwisata
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024