Pemuda Indonesia diajak suarakan isu lingkungan di dunia

id linkungan hidup,lingkungan hijau,sampah,remaja,diplomasi,John F. Kennedy,Mantan Presiden AS,Bali,WHO,PBB,Medsos,Kampanye

Pemuda Indonesia diajak suarakan isu lingkungan di dunia

Tangkapan layar Staf Khusus Menteri Luar Negeri (Stafsus Menlu) Dian Triansyah Djani dalam diskusi yang menjadi bagian dari Festival Pengendalian Lingkungan 2024 yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu (24/4/2024). ANTARA/Sean Muhamad/Youtube Ditjen PPKL KLHK.

Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus Menteri Luar Negeri (Stafsus Menlu) Dian Triansyah Djani mengajak para pemuda Indonesia untuk bersama-sama menyuarakan isu perihal lingkungan hidup di kancah internasional.

"Kita membutuhkan teman-teman remaja kita untuk membantu kami-kami diplomat, kami-kami yang di luar negeri, untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia, untuk memperjuangkan kepentingan lingkungan hidup Indonesia di forum internasional," katanya dalam diskusi yang menjadi bagian dari Festival Pengendalian Lingkungan 2024 yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.

Dian yang merupakan mantan utusan tetap RI untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York Amerika Serikat (AS) itu menekankan upaya memperjuangkan isu lingkungan di kancah global harus dibarengi dengan melakukan aksi konkret, karena Indonesia dinilai sebagai sebuah negara yang berkomitmen terhadap apa yang disuarakan.

"Kita bangsa yang walk the talk. Kita laksanakan apa yang dunia laksanakan, semua komitmen-komitmen kita di lingkungan hidup, itu kita laksanakan," katanya.

Dian memberi contoh kepada para hadirin yang merupakan siswa-siswi SMA dengan menyebutkan beberapa anak Indonesia yang mengharumkan nama bangsa di kancah global, seperti Isabel dan Melati Wijsen, kakak-beradik asal Bali yang menyuarakan kepada dunia untuk tidak lagi menggunakan plastik pada UN World Oceans Day 2017.

Upaya tersebut, katanya, berhasil membawa mereka masuk ke dalam daftar remaja paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

"Untuk menyemangati teman-teman semua, bahwa orang Indonesia itu tidak bego, orang Indonesia, anak muda Indonesia, remaja Indonesia itu pandai-pandai," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Stafsus Menlu ajak pemuda Indonesia suarakan isu lingkungan di dunia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024